Dispusip Pekanbaru Apresiasi Kelurahan Kembangkan Perpustkaan Berbasis Inklusi

Dispusip Pekanbaru Apresiasi Kelurahan Kembangkan Perpustkaan Berbasis Inklusi
Kadispusip Pekanbaru Hj Erna Juita SH, MSi.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru, Hj. Erna Juita, SH., M.Si., mengapresiasi tujuh kelurahan yang telah menerima manfaat program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TP-BIS) tahun 2024.

Melalui program TP-BIS ini, kelurahan tersebut menerima bantuan berupa buku, rak buku, komputer, smart TV dan lainnya dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), pada Selasa (26/3).

Ketujuh kelurahan yang dimaksud diantaranya Kelurahan Sukamulia, Kelurahan Sukamaju, Kelurahan Kampung Melayu, Kelurahan Maharatu, Kelurahan Wonorejo, Kelurahan Pesisir, dan Kelurahan Kampung Bandar.

"Bantuan yang diberikan oleh Perpusnas akan diserahkan dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, kelurahan yang terpilih menerima manfaat program TP-BIS adalah yang telah menyatakan komitmennya untuk serius dalam melaksanakan transformasi perpustakaan di wilayahnya masih-masing.

"Saat ini, kami terus melakukan pembinaan agar program TP-BIS bisa direplikasi dengan baik oleh setiap kelurahan," jelasnya.


Menurutnya, Dispusip Pekanbaru terus mendorong perpustakaan untuk berkegiatan, dengan melibatkan masyarakat hingga pihak-pihak lain yang potensial meningkatkan literasi masyarakat sehingga kualitas hidup masyarakat meningkat.

"Dengan menjalankan program TP-BIS, kami berharap perpustakaan Kelurahan bisa menjadi pusat belajar dan pusat pengembangan keahlian masyarakat," jelasnya.

Untuk diketahui, empat kelurahan di Kota Pekanbaru telah menjadi penerima manfaat program TP-BIS, yaitu Kelurahan Air Dingin, Kelurahan Tangkerang Labuai, Kelurahan Melebung, dan Kelurahan Air Putih. Manfaat yang diterima berupa rak dan buku koleksi pada tahun 2022, dan dalam bentuk perangkat komputer, printer serta jaringan pada tahun 2023.(R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index