RAPP Bantuan Bibit Ikan Gabus Untuk Kampung penyengat

RAPP Bantuan Bibit Ikan Gabus Untuk Kampung penyengat

SIAK (RIAUSKY.COM) - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) terus berupaya menggulirkan program yang langsung bersentuhan dengan peningkatan taraf hidup masyarakat. 

Salah satu cara yang dilakukan RAPP kepada daerah operasionalnya di Kampung penyengat, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak adalah dengan memberikan bantuan 2.000 ekor bibit ikan gabus dan juga pelatihan bagi masyarakat tersebut. 

Seperti yang diungkap Anton selalu ketua Kelompok dan sekaligus Ketua Kerani Kampung Penyengat mengatakan bahwa sebelum memberikan bantuan bibit ikan gabus, masyarakat Kampung Penyengat juga diberikan pelatihan terlebih dahulu. Untuk bagaimana cara membudidayakan ikan gabus agar berhasil. 

"Kami masyarakat Penyengat tentu sangat berterima kasih kepada RAPP yang telah peduli dan memberikan bantuan kepada kami. Sehingga dengan adanya pelatihan dan bantuan bibit ikan gabus ini, kami dapat membudidayakannya, di kanal-kanal yang ada di samping dan rumah kami," ungkapnya.

Ia berharap dari bantuan 2.000 ekor bibit ikan gabus telah disemai, tentunya dapat merubah ekonomi masyarakat. 

Sementara Bupati Siak Alfedri mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada PT RAPP atas dukungan dan bantuan yang diberikan dalam mendukung dan peran serta dalam pembangunan di Kabupaten Siak.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan terima kepada PT RAPP yang telah membantu kami dalam mengetaskan kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Siak. Tentu hal ini sangat membantu sekali bagi kami," ungkapnya.

Memanfaatkan lahan gambut untuk budidaya ikan gabus yang sesuai dengan visi Siak Hijau, yakni untuk menerapkan prinsip kelestarian dan keberlanjutan dalam pemanfaatan sumber daya alam sebesar-besarnya bagi masyarakat.

"Kita sangat berharap dengan pemanfaatan CSR RAPP selain mengentaskan kemiskinan, ke depannya diharapkan dapat menjadi pendamping usaha ekonomi kreatif, terus mendorong peningkatan SDM yang ada di Siak," ungkapnya.

Sementara itu Community Development Regional Coordinator Kabupaten Siak dan Kabupaten Kepulauan Meranti, Muslim mengatakan bahwa, pelatihan dan pemberian bibit ikan gabus yang diberikan kepada masyarakat Penyengat ini merupakan kerja sama antara PT RAPP dan juga  PT Alam Siak Lestari (PT ASL).

"Kita banyak dibantu oleh PT ASL, dalam memberikan pelatihan bagi masyakat, karena memang perusahaan bergerak memproduksi ekstrak ikan gabus menjadi albumin yang berkhasiat untuk kesehatan. Dan paham tentang ikan gabus sehingga masyarakat mendapatkan ilmu bagaimana membudidayakan ikan gabus dan sekaligus manfaatkan ikan gabus ini sendiri," paparnya.

Ke depan apabila budidaya ini berhasil untuk tahap selanjutnya RAPP juga akan berikan bantuan lainnya bagi masyakat Penyengat.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index