UAS Ajak Itikaf Bersama di Masjid Raya Annur

UAS Ajak Itikaf Bersama di Masjid Raya Annur

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Ustadz Abdul Somad (UAS) ajak masyarakat agar dapat melaksanakan kegiatan sunnah Itikaf bersama di Masjid Raya Annur Pekanbaru. Kegiatan sunnah itikaf tersebut dijadwalkan pada Selasa (2/3/24) dini hari nanti.

Kegiatan religi sunnah itikaf tersebut dimulai pada pukul 10.00 sampai dengan 02.00 WIB dengan membaca takhsin Alquran. 

Kemudian, pukul 02.00 sampai dengan pukul 03.00 WIB bertadabbur membaca surat-surat pendek. Selanjutnya, pada pukul 03.00 sampai dengan 04.00 kegiatan dilanjutkan dengan sholat tahajud ditambah sholat-sholat sunat.  

Pada pukul 04.00 - 4.15 dilanjutkan dengan muhasabah, zikir bersama Ustadz Qurtubi serta sahur bersama. 

"Untuk Sahur, jemaah itikaf yang hadir bisa membawa bekal dari rumah, tapi di Mesjid An Nur juga disediakan," ujar UAS. 

Usai sahur sholat subuh berjamaah, kegiatan itikaf masih dilanjutkan dengan dilanjutkan dengan mengaji serta sholat sunat Istraq. 

"Kegiatan itikaf kita dari pukul 1.00 dini hari sampai pukul 7.00 pagi. Bagi yang mau lanjut baik. Tapi yang tidak, paling tidak kita sudah melaksanakan sunnah itikaf kita di mesjid. Mudah-mudahn bulan ramadhan kali ini jauh lebih baik, lebih berkualitas dari sebelumnya," ucap UAS. 

Sementara Ketua Panitia Ramadhan Masjid Rata Annur Pekanbaru Ustadz Zulkarnain Umar Lc MA menjelaskan, bahwa selama ramadhan ada berbagai kegiatan tambahan dengan melaksanakan qiyamullail dan muhasabah dimulai sejak malam ke 21 hingga 29 ramadhan. 

Pada siang harinya, ada juga kegiatan  majlis ilmu dan bedah buku kitab kitab karya ulama masyhur dunia dan nusantara. Bedah buku juga dimulai sejak siang 21-29 ramadhan.

Khusus untuk kegiatan Itikaf, kegiatan sudah dimulai pada malam ke 21 ramadan atau Senin 2 April 2024. Berikut jadwal kegiatan dan petugas pembimbing sunnah Itikaf di Mesjid An Nur Pekanbaru. 

1. Malam ke 21 atau 1 April, pembimbing buya Dr Zulhendri Rais Lc MA. 

2. Malam ke 22 atau 2 April Prof Abdul Somad Lc DESA Ph D. 

3.Malam 23 atau 3 April Ustadz Ahmad Mukhlisin Lc MA. 

4. Malam 24 atau 4 April Ustadz Edi Azhar. SAg MPdI. 

5. Malam 25 atau 5 April Ustadz Alnof Dinar. Le. 

6. Malam 26 atau 6 April Ustadz Abu Hamid. SPdi, MA

7. Malam 27 atau 7 April Ustadz Dr Yudi Irwan SE MSy. 

8. Malam 28 atau 8 April Ustadz Dr M Ashubli SHI M Si. 

9. Malam 29 atau 9 April Ustadz Dr M Ashubli SHI MSi. 

10.Malam 30 atau Rabu 10 April Ustadz Dr Rojja Febrian Lc MA. 

"Kami para panitia Ramadan Mesjid Raya Annur Pekanbaru juga mengimbau kepada masyarakat mengajak mari kita hidupkan mesjid, surau, mushala kita pada bulan puasa ini. Di Mesjid An Nur kita mengadakan berbagai kegiatan sunnah mulai qiyamulail, itikaf, kajian buku agama Islam dan banyak lagi. Mudah-mudahan niat baik kita menghidupkan mesjid menjadi ladang amal dan kebaikan untuk kita semua," tandas Ustadz Zulkarnain Umar.(mc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index