Bantu Bina dan Kembangkan Rumah Batik, Bupati Kuansing Apresiasi Kepedulian RAPP

Bantu Bina dan Kembangkan Rumah Batik, Bupati Kuansing Apresiasi Kepedulian RAPP

KUANSING (RIAUSKY.COM) - Bupati Kuantan Singingi, Drs. H Suhardiman Amby, Ak., MM mengapresiasi perhatian PT RAPP terhadap pengrajin Batik di Kuansing. Hal itu disampaikan Bupati Kuansing saat meresmikan Rumah Batik Nagori di desa Pisang Berebus kecamatan Gunung Toar.

Sementara dalam memajukan Ekonomi Kreatif di Bidang Tekstil, Presiden Direktur Asia Pasific Rayon/APR Basri Kamba bersedia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi.

Hal itu disampaikan Basri Kamba Saat acara Peresmian Rumah Produksi Batik Nagori di Desa Pisang Berebus, Kecamatan Gunung Toar, Jum'at (01/03/2024) pagi.

“Selama ini bahan Batik Nagori diambil dari Jogja. Untuk itu, Asia Pasific Rayon akan mulai membangun kerjasama bersama Batik Nagori dengan menyediakan bahan bagi pengusaha tekstil. Jadi, pengusaha tidak akan kesulitan lagi menunggu bahan jika permintaan konsumen meningkat, karena sudah ada tersedia di Riau”, ungkapnya.

Harapan kedepan yang menjadi awal dari kerjasama bersama Pemkab Kuansing ini, yakni untuk menumbuhkan ekonomi kreatif baru dalam bidang tekstil di Kuansing, sambungnya.

Menanggapi hal yang disampaikan Basri Kamba, Bupati Kuantan Singingi H. Suhardiman Amby menyambut baik kerja sama tersebut. Bupati Kuansing mengatakan, Pengembangan Ekonomi Kreatif ini menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi.

“Pengembangan Ekonomi Kreatif ini menjadi salah satu program Pemkab Kuansing, terkhusus di Bidang Tekstil. Saya juga berharap Batik Kuansing ini menjadi salah satu Icon Motif Budaya Kuansing yang khas dan dikenal oleh Mancanegara. Melalui kerjasama ini, tentu akan melancarkan kemajuan pembangunan di Kuansing nantinya, terimakasih Bapak Basri Kamba dan PUPR,” ucap Datuk Panglimo Dalam.

Lebih lanjut ia berharap kepada Ketua Asosiasi Batik atau Owner dari Batik Nagori Dr. Surmayanti, SE., ME. SY, semoga kedepannya para Pembatik di Kuansing mampu berinovasi dan bekerjasama dengan baik, sehingga menjadikan Para pengusaha tekstil terkhusus Batik mampu mengangkat marwah Kuansing. Begitu juga dengan masyarakat, tentunya patut mencintai dan memakai warisan motif Budaya Kuansing, salah satunya dengan menggunakan Batik Kuansing, pungkasnya.

Turut hadir, Kepala RAPP Rayon IV Wilayah Kuansing-Kampar beserta jajaran, Ketua Dekranasda Hj. Yulia Herma Suhardiman, Asisten II Ir. Maisir, Asisten III Drs. Muradi, M. Si, sejumlah Kepala OPD, Camat Gunung Toar Erdison, MM, Kades, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index