Bupati Suhardiman Hadiri Audiensi Masyarakat Adat Kengerian Sekaligus Halal Bihalal di Rumah Godang Kenegerian Teluk Kuantan

Bupati Suhardiman Hadiri Audiensi Masyarakat Adat Kengerian Sekaligus Halal Bihalal di Rumah Godang Kenegerian Teluk Kuantan

KUANSING (RIAUSKY.COM) - Bersempena dengan suasana lebaran, Bupati Kuantan Singingi Dr. H . Suhardiman Amby, MM menghadiri acara Audiensi dengan Masyarakat Adat Kengerian Teluk Kuantan Sekaligus Halal Bihalal hari raya Idul Fitri 1445 H, di Rumah Godang Kenegerian Teluk Kuantan (Karak), Sabtu (13/4/2024). 

Ini merupakan tradisi yang sudah lama dibudayakan dan dilakukan pada awal bulan Syawal setelah bulan ramadhan berakhir. Seluruh pemangku adat, anak keponakan berkumpul di rumah Godang masing-masing menggelar silaturahmi. Tentunya hal ini akan terwujudnya kekompakan dan menjadikan persatuan antar suku dan antar pemuda semakin kuat. 

Bupati Suhardiman Amby mengintruksikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kuantan Singingi untuk menjaga rumah adat ini dengan sebaik-baiknya, diperbaiki dan dikelola untuk bisa dianggarkan di APBD agar tetap terjaga dan jangan sampai dibiarkan terbengkalai. 

"Kalau bangunan ini tidak kita rawat, maka akan rusak nantinya, jadi kepada Opd terkait musyawarahkan dengan masing-masing suku, bicarakan ini dan jadikanlah rumah adat ini sebagai tempat kita berkumpul antara pemangku adat bersama anak keponakan." Ujar Bupati Suhardiman Amby. 

Di samping itu, Bupati Suhardiman Amby juga mengatakan bahwa Rumah Godang ini merupakan aset, mestinya dianggarkan setiap tahunnya 2,5 persen dari bangunan, agar bangunan ini terawat. Melihat kondisi sekarang sudah mulai tidak terawat, banyak aset bangunan yang hilang. Jadi aset ini harus di jaga dengan baik, tempatkan juga Cleaning Service dan Satpol PP disini agar bisa terjaga dengan baik. 

"Teruslah pelihara aset dan perkuat persatuan antar sesama, terkhusus antara Pemangku Adat dengan Anak Keponakan," Tutup Bupati Suhardiman Amby. 

Bupati Suhardiman Amby hadir didampingi oleh Forkopimda, Penjabat Sekretaris Daerah dr. Fahdiansyah, SpOG, Asisten, Staff Ahli, Kepala OPD, Camat Kuantan Tengah beserta jajaran Forkopimcam, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kenegerian Teluk Kuantan. 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index