Bupati Suhardiman Ajak Masyarakat Lestarikan Perahu Baganduang

Bupati Suhardiman Ajak Masyarakat Lestarikan Perahu Baganduang

KUANSING (RIAUSKY.COM) - Ribuan masyarakat antusias menyambut Bupati Kuantan Singingi Dr. H. Suhardiman Amby bersama rombongan, usai di Hilirkan menggunakan Perahu Baganduang di Tepian Muko Lobua, Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik, Sabtu 13/04/2024 petang 

Bupati bersama PJ Gubernur Riau Sf Hariyanto yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat, WAKA II Juprizal, Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Sugito, S.I.K., MH, Anggota DPRD Kuansing Solehudin dan Riko Nanda, PJ Sekretrais Daerah Kuansing dr. Fahdiansyah, SpOG, Ketua TP PKK Hj. Yulia Herma, Anggota DPRD Terpilih Maulana Imam Saleh, Reky Fitroh, Kepala OPD, Camat, LAM, LAN, Tokoh Masyarakat, serta Ninik Mamak. 

Sebelumnya, Bupati Suhardiman Amby mengikuti serangkaian tradisi di salah satu Rumah adat yang dinamai dengan Rumah Godang Gajah Tunggal, yaitu tradisi Manjopuik Limau dengan serangkaian Petatah Petitih Budaya Kuansing khas Lubuk Jambi

“Tradisi ini merupakan salah satu budaya khas kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat, agar tidak hilang begitu saja karena perkembangan zaman”, kata Bupati Suhardiman yang akrab disapa dengan Datuk Panglimo Dalam itu. 

Lebih lanjut Bupati Suhardiman Amby juga berpesan, selain untuk mempererat hubungan silaturahmi setidaknya ada tiga nilai yang terkandung di dalam penyelenggaraan Festival Perahu Baganduang, yaitu nilai seni dan budaya, nilai agama dan nilai sosial. 

"Festival Perahu Baganduang sudah dilaksanakan sejak tahun 1800an. Kegiatan ini merupakan tradisi, sebagai simbol adat masyarakat Kuansing. Tradisi ini merupakan kearifan lokal yang akan memperkaya khazanah budaya Nasional yang harus kita lestarikan, karena festival ini adalah kebanggaan masyarakat Kuansing”, sambungnya

Sementara Gubernur Riau, diwakili oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Roni Rakhmad mengatakan sangat menaruh atensi terhadap budaya Perahu Begandung ini. 

“Ini memang unik dan menarik, karena itu kita akan berkolaborasi bersama Pemkab Kuansing untuk memajukan dan melestarikan budaya ini”, tutupnya. 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index