HEBAT! Empat Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus Talent Scouting Universitas Indonesia

HEBAT! Empat Siswa MAN 2 Pekanbaru Lulus Talent Scouting Universitas Indonesia

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Sebanyak empat orang siswa MAN 2 diterima di Universitas Indonesia (UI) melalui seleksi Talent Scouting. Kelulusan ini diumumkan pada tanggal 17 Aprill 2024 melalui akun siswa dan akun kepala madrasah.

Talent Scouting UI merupakan jalur seleksi berdasarkan nilai akademik. Jalur seleksi adalah satu dari empat jalur masuk yang tersedia di UI. Seleksi ini melibatkan peran sekolah untuk Vokasi D3 dan D4 (sarjana terapan), S1 Paralel, dan S1 Kelas Internasional. Jalur ini terbatas dan hanya untuk sekolah yang telah mengajukan permohonan.

Proses seleksi jalur PPKB dan Talent Scouting didasarkan pada sistem seleksi berdasarkan pencapaian prestasi akademik siswa di sekolah. Jalur Talent Scouting membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin belajar dengan sistem kelas internasional. Sehingga, kemampuan dasar yang harus dimiliki calon mahasiswa adalah mahir berbahasa Inggris. Calon mahasiswa bisa memilih gelar tunggal atau gelar ganda di jalur ini.

Siswa MAN 2 yang diterima di UI melalui jalur Talent Scouting tersebut adalah Jingga Al Nazar (jurusan Teknik Industri), Muhammad Farhan Dhanapietra (jurusan ilmu Ekonomi), Wan Muhammad Rofidan (jurusan Teknik Sipil), Yohita Yafisyah Firzal (jurusan Pendidikan Dokter Kelas Khusu Internasional), Ammara Nashita Martias (jurusan Manajemen).

Proses mengikuti seleksi Talent Scouting dimulai dari proses pendaftaran yang dibuka di bulan Februari yang lalu. Beberapa Syarat penting yang perlu dipersiapkan antara lain siswa yang mendaftar wajib memiliki skor TOEFL/IELTS minimal 500 dan mampu membuat essay dalam Bahasa Inggris. Pendaftaran siswa ditangani oleh guru BK, “sesuai prosedur yang ditetapkan oleh Universitas Indonesia kegiatan ini diawali dengan pendataan yang dilakukan oleh Tim BK. Persaingannya sangat ketat. Alhmadulillah empat dari lima siswa yang mendaftar diterima melaui jalur ini.”, Sucitra Guru BK MAN 2 menjelaskan.

Selanjutnya Kepala MAN 2 Pekanbaru, Ghafardi, S.Ag, M.Pd.I, menyampaikan rasa bangga atas berita ini, “selamat sukses untuk empat siswa MAN 2 yang diterima di Universitas Indonesia melalui jalur Talent Scouting, serta seluruh siswa yang telah diterima di perguruan tinggi. Capaian ini merupakan suatu indikasi positif bahawa siswa MAN 2 sangat mampu dalam bersaing untuk memperoleh tempat melanjutkan pendidikan yang terbaik. Semoga ini juga memotivasi siswa lainnya yang masih berjuang mendapatkan tempat di perguruan tinggi”, ujar dia.(R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index