PEMKAB KUANSING APRESIASI KEGIATAN BAKTI SOSIAL OPERASI KATARAK GRATIS KLINIK PEC TK

PEMKAB KUANSING APRESIASI KEGIATAN BAKTI SOSIAL OPERASI KATARAK GRATIS KLINIK PEC TK

KUANSING (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Pemkab Kuansing) sambut baik pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis sehubungan dengan telah dibukanya Klinik Utama Mata Padang Eye Center Teluk Kuantan (PEC TK). 

Hal itu disampaikan oleh Bupati Kuansing Dr. H. Suhardiman Amby, MM, diwakili oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda), dr. H. Fahdiansyah, SpOG pada saat menghadiri kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis, di Klinik Mata Padang Eye Center, Sabtu (11/05) pagi. 

"Terimakasih dan apresiasi kita sampaikan kepada Klinik Mata Padang Eye Center, karena telah melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan bakti sosial dalam bidang medis itu bukanlah perkara mudah, baik itu dari segi pendanaan belum lagi safety pasien," ungkap Pj Sekda Kuansing. 

Pj Sekda, dr. Fahdiansyah berharap, kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Semoga bukan hanya PEC TK saja, tapi semua klinik dan rumah sakit serta fasilitas kesehatan lainnya diharapkan dapat bersinergi dalam menunjang program pemerintah. 

"Kegiatan ini luarbiasa, apalagi jumlahnya tidak sedikit ada 40 pasien. Semoga kegiatan ini berjalan lancar, pasiennya tertolong tanpa adanya komplikasi secara medis. Selain itu, kita juga berharap sinergitas dan peran aktif dari seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Kuansing dalam menunjang program pemerintah, "pungkasnya. 

Sementara itu, dr. Irwan Djasananda, S. PM menjelaskan terkait pemilihan atau skrining pasien dilakukan dengan membuka pendaftaran, menghubungi Kepala Puskesmas dan Klinik serta menyurati Kepala Desa. 

"Setelah kita skrining sekitar lebih kurang 80 pasien. Selanjutnya kita saring 40 pasien sudah bisa dilakukan operasi untuk hari ini. Jika tidak ada kendala 1 pasien itu menghabiskan waktu 20-30 menit, jadi akan kita buka 2 meja untuk operasi. Mudah-mudahan sampai sore sudah selesai," jelas dr. Irwan Djasananda. 

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwasanya, pasca operasi itu akan dilakukan kontrol kembali yakni satu hari setelah operasi atau nanti dijadwalkan pada hari senin. Hal itu masih ditanggung biayanya oleh PEC.

"Untuk kontrol satu hari setelah operasi masih tidak dikenakan biaya, namun untuk kontrol seminggu setelahnya jika ada tambahan obat baru dikenakan biaya obat," pungkasnya. 

Kegiatan ini bekerjasama dengan PT Erlangga Edi Laboratories dengan harapan bahwa, pemanfaatannya dapat dirasakan oleh masyarakat banyak. Hal itu diungkapkan oleh manager PT Erlangga Edi Laboratories, Isnawan Adiprasetya. 

Pj Sekda Kuansing, dr. H. Fahdiansyah, SpOG hadir didampingi oleh Ketua Pengadilan Negeri Teluk Kuantan Agung Iriawan, SH., MH, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kuansing Dr. Triwan Zulhadi, SE., M. Ec, pimpinan PEC TK dr. Irwan Djasananda, S. PM, Manager PT Erlangga Edi Laboratories Isnawan Adiprasetya serta sejumlah pasien yang akan melakukan operasi. 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index