SD Islam Bintang Cendekia Taja Big Assembly Tentang Islam dan Palestina

SD Islam Bintang Cendekia Taja Big Assembly Tentang Islam dan Palestina
Dok. Istimewa

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - SD Islam dan Leadership Bintang Cendekia sukses mengadakan kegiatan Big Assembly Tahun 2024, Sabtu, 18 Mei 2024. Bertempat di Susiana Tabrani Convention Hall, Pekanbaru. Acara tahunan ini menampilkan berbagai suguhan yang menarik  dengan mengusung tema Islam dan Palestina.

Kepala SD Islam dan Leadership Bintang Cendekia, bapak Muhammad Iqbal S.Psi mengatakan, tema Islam dan Palestina ini sengaja diangkat, karena rilet dengan kondisi umat Islam di Palestina, yang sedang berjuang meraih kemerdekaannya.

“Pengambilan tema ini dilatarbelakangi kondisi peristiwa dan Palestina saat ini, dan fenomena persepsi dan respon yang diberikan oleh umat Islam dalam menyikapi Palestina,” jelas bapak Iqbal.

Lebih lanjut dikatakan, peristiwa Oktober 2023 yang lalu telah menarik perhatian dunia pada Palestina. Berbagai reaksi muncul dari peristiwa ini. Menurutnya yang paling menyedihkan adalah reaksi sebagaian  umat Islam yang justru tidak peduli, dan lebih percaya pada opini yang menyalahkan Palestina yang telah memicu terjadinya  perang saat ini.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Big Asssambly, Ibu Wisra Yuliana, S.Pd menyebutkan tujuan dari pengambilan tema ini untuk memberikan Informasi dan edukasi, kepada umat Islam khususnya civitas Bintang Cendekia mengenai konflik perang yang terjadi di Palestina.

“Kami berharap setelah menyaksikan Big Assembly ini, kita memiliki pandangan nilai dan persepsi yang benar dan berbeda dengan persepsi umat lainya. Karena mereka yang bukan Islam saja mampu menyuarakan pembelaan terhadap Palestina denga alasan kemanusiaan, maka seharusnya umat Islam mampu menyuarakan lebih dari itu, yakni alasan persaudaraan seiman,” ujar ibu Wisra.

Hal yang sama dikatakan ibu Olvi Sumarni, salah satu wali murid yang turut menyaksikan kegiatan ini. Menurutnya Big Assembly ini sangat bagus, terutama tema yang diangkat dan penampilan yang disuguhkan membuat orang tua dan anak-anak makin peduli pada Palestina.

“Hal ini makin menumbuhkan kepedulian kita pada Islam dan perjuangan umat Islam di Palestina, apalagi pada anak-anak, yang sudah sejak dini diajak dan diajarkan peduli pada saudara-sudara kita yang dijajah dan dianiaya,” kata Ibu Olvi.

Sebagai bagian dari kurikulum leadership di Bintang Cendekia, Big Assembly bertujuan mengasah rasa percaya diri pada diri anak-anak, juga meningkatkan skil komunikasi, kemampuan koordinasi, dan mengelola emosi. Pada kegiatan kali ini, murid-murid menampilkan drama musikal yang berkaitan dengan sejarah palestina, nasyid dan koreo, musikalisasi puisi dan orasi, yang mana semua penampilannya satu kaitan yang utuh dari narasi yang sudah disusun. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index