Disdik Pekanbaru Terapkan PPDB Online, Masyarakat Bisa Awasi Pelaksanaan

Disdik Pekanbaru Terapkan PPDB Online, Masyarakat Bisa Awasi Pelaksanaan

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP negeri di Kota Pekanbaru tahun ini menerapkan sistem online. Calon peserta didik bisa mendaftar melalui link yang disediakan dinas pendidikan (Disdik).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan, dengan menerapkan PPDB secara online, masyarakat bisa ikut memantau pelaksanaan PPDB tersebut melalui website resmi yang disediakan Disdik.

Di sisi lain, penerapan PPDB dengan sistem online juga dapat mengantisipasi terjadinya praktik suap ataupu gratifikasi. Masyarakat juga terhindar dari iming-iming calo yang menjanjikan bisa memasukkan anaknya di sekolah negeri.

"Artinya, masyarakat dan semua orang bisa turut mengawasi pelaksanaan PPDB yang dilaksanakan secara online," terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Rabu (12/6/2024).

Ia menuturkan, untuk link pendaftaran PPDB SD dan SMP Negeri Pekanbaru dapat melalui website https://ppdbpekanbaru.id/. Masyarakat bisa mengakses link tersebut saat pendaftaran dimulai akhir bulan ini.

Meski mulai diterapkan secara online, masyarakat juga boleh datang ke sekolah untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan PPDB tersebut.

"Uji coba tahun ini untuk PPDB online tingkat SDN, artinya orangtua yang belum mengetahui cara mendaftar dengan sistem online bisa datang ke sekolah, minta petunjuk ke petugas operatornya," pungkasnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index