Pj. Wali Kota dan Forkopimda Ziarah ke Makam Marhum Pekan

Pj. Wali Kota dan Forkopimda Ziarah ke Makam Marhum Pekan
Pj. Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa melakukan ziarah makam pendiri Kota Pekanbaru.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, menjelang momen hari Jadi Kota Pekanbaru ke-240, Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa bersama jajaran Forkopimda melakukukan ziarah ke makam Pendiri Kota Pekanbaru, Marhum Pekan atau Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah, Jumat (21/6/2024) petang.

Kegiatan ziarah dilaksanakan satu rangkaian dengan melaksanakan Salat Ashar di Masjid Raya Pekanbaru di Jalan Senapelan.

Mengenakan pakaian melayu teluk belanga berwarna putih, Pj. Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa beserta unsurf Forkopimda diantaranya Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama, Kapolresta Kombes Jeki Rahmat Mustika, Komandan Kodim 0301 Kolonel Inf Sri Marantika Beruh, Kakan Kemenag Pekanbaru Syahrul Mauludi, Sekdako Inda Pomi Nasution juga puluhan kepala dinas, badan, camat dan lurah ikut bersama-sama berdoa di depan pusara pendiri kota yang terletak tepat di Komplek makam pendiri kota Pekanbaru yang berada tepat di samping Masjid Raya Pekanbaru.

Bersamaan dengan momen ziarah ke makam pendiri kota itu, juga dilakukan penyerahan proposal pengusulan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai Pahlawan Nasional.

Pada kesempatan itu, juru bicara pengelola komplek permakaman memjelaskan sekelumit tentang sejarah perlawanan Marhum Pekan dalam mengusir penjajahan Belanda.

Dijelaskan juga perilah silsilah keluarganya  yang ikut berjuang melawan penjajah Belanda pada masa itu, termasuk sejarah pertama sekali berdirinya Kota Pekanbaru.

Pj. Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa mengungkapkan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan kementerian terkait terkait pengusulan Marhum Pekan sebagai Pahlawan Nasional dari Kota Pekanbaru.

''Saya memang belum mempelajari sepenuhnya, mengapa usulan untuk penangkatan Marhum Pekan sebagai Pahlawan Nasional belum disetujui pemerintah. Tapi saya akan pelajari melalui staf dan akan membuka komunikasi dan koordinasi tentang alasan mengapa usulan Pahlawan Nasional ini belum disetujui,'' kata dia.

Berkenaan dengan momen puncak Hari Jadi Pekanbaru Ke-240 yang akan jatuh pada Ahad (23/6/2024), Risnandar mengajak seluruh masyarakat untuk ikut bersama-sama  merayakannya.

''Hari jadi ini adalah hari bersjarah bagi Warga Kota Pekanbaru. Karena itulah, kita mengajak seluruh masyarakat, stake holder untuk ikut bersama-sama memeriahkannya,'' ungkap Risnandar.(R06)

 

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index