Pj. Wali Kota Jadi Pembina Upacara Hari Jadi Pekanbaru ke-240 di Tenayan

Pj. Wali Kota Jadi Pembina Upacara Hari Jadi Pekanbaru ke-240 di Tenayan
Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa saat menjadi pemina upacara Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke-240 di Perkantoran tenayan, Ahad (23/6/2024).

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa menjadi pembina pada pelaksanaan upacara Peringatan Hari Jadi Kota Pekanbaru ke -240 di Komplek Perkantoran Pemko Pekanbaru di Tenayan Raya.

Pada momen tersebut, Pj. Wali Kota Risnandar menyampaikan sejumlah visi dan misi pembangunan Kota Pekanbaru yang telah dirancang untuk 20 tahun ke depan.

Untuk mendukung pencapaian visi dan misi tersebut, Risnandar mengungkapkan itu tidak bisa hanya dilaksanakan oleh pemerintah saja, melainkan dengan melibatkan seluruh stake holder termasuk masyarakat.

Risnandar menyampaikan perencanaan visi kota 'Pekanbaru Bertuah Yang Berbudaya Maju dan Berkelanjutan'  memerlukan kerja sama semua pihak.

Pekanbaru, dalam perjalanannya, telah melewati berbagai macam dinamika dan tantangan juga kejayaan. ''Dari sebuah pemukiman kecil di tepian Sungai Siak, sekarang Pekanbaru tumbuh menjadi pusat ekonomi, budaya dan pendidikan di tengah Pulau Sumatera atau yang dikenal dengan The Capital City of Sumatera,'' jelas dia.

Pertumbuhan ini menjadi gambaran bahwa Pekanbaru kini menjadi magnet yang diharapkan menjadi magnet yang kan membawa banyak orang berkunjung ke Pekanbaru.

Di masa transisi pemerintahan yang terjadi saat ini, Risnandar berharap seluruh komponen yang ada untuk bersama membangun Pekanbaru yang lebih baik ke depan.

Tema Keberagaman membangun negeri yang ditetapkan menandai Hari Jadi Ke-240 ini mempunyai makna semangat nasionalisme masyarakat Pekanbaru yang beragam suku, adat, etnis, budaya, agama dan kepercayaan dalam menjalani kehidupan masyarakat yang solid dan bergotong royong diharapkan menciptakan bisa menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam mewujudkan pembangunan yang berdaya saing.

Risnandar juga menjelaskan pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini telah membawa banyak kemajuan. Itu ditandai dengan sejumlah indikator makro dan mikro baik secara ekonomi, sosial, kesehatan maupun pendidikan.

Dia pun beharap kepada jajaran ASN yang ada di lingkungan Pemko Pekanbaru untuk berpijak pada langkah-langkah pelayanan yang maksimal kepada seluruh masyarakat.

Dia mengingatkan ASN untuk memahami core programnya yakni memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. ''Sudah tidak zamannya lagi, ASN minta dilayani oleh masyarakat,'' pinta dia.

Risnandar juga mengingatkan tentang peran ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru untuk menjaga netralitas dan independensi.

Dia bahkan sempat mengulang berkali-kali kalimat independensi ASN beberapa kali sebagai bentuk penekanan terhadap netralitas ASN di Pemko Pekanbaru terhadap pelaksanaan Pilkada serentak baik untuk pemilihan wali kota maupun Pemilihan Gubernur Riau yang akan datang.

''Pada momentum ini, kami mengimbau pada khususnya ASN untuk menjaga netralitas dan independensi, sekali lagi saya ulangi, untuk menjaga netralitas dan independensi dan tidak terlibat dalam kegiatan politik yang bertentangan dengan perannya sebagai pelayanan masyarakat pada pesta demokrasi yang akan datang,'' kata dia.

Netralitas ASN dan independensi itu menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga integritas dan profesionalitas ASN dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan masyarakat.

Peda pelaksanaan upacara peringatan hari jadi ini, bertindak sebagai omandan upacara Dansatpol PP Pekanbaru Zulfahmi Adrian.

Momen pelaksanaan upacara yang diikuti ribuan ASN dan THL di lingkungan Pemko Pekanbaru itu berlangsung khidmat dan lancar.

Bersamaan dengan upacara itu juga dilaksanakan pembangian hadiah kepada para pemenang pada aneka lomba yang dilaksanakan bersempena hari jadi.

Tampak hadir pada momen tersebut jajaran Forkopimda termasuk sejumlah mantan kepala daerah Kota Pekanbaru seperti Dr Firdaus ST, MT dan mantan Pj Wali Kota Muflihun.(R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index