Diskominfotiksan Melakukan Langkah Cepat Penanganan Website dan Aplikasi Pemko Dumai

Diskominfotiksan Melakukan Langkah Cepat Penanganan Website dan Aplikasi Pemko Dumai

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Dumai Drs. H. Khairil Adli,.M.Si. dalam rangka mengambil langkah cepat penanganan website dan aplikasi Pemerintah Kota Dumai yang berada dibawah Pusat Data Nasional (PDN), Kamis (27/6/2024).

Untuk diketahui, Pusat Data Nasional adalah sekumpulan pusat data yang digunakan dengan sistem bagi pakai oleh instansi pusat dan pemda serta saling terhubung. Saat ini, Pusat Data Nasional (PDN) sedang down diduga akibat serangan ransomware. Hal ini turut berdampak kepada Website dan Aplikasi yang dimiliki Pemerintah Kota Dumai. 

Menurut data Diskominfotiksan Kota Dumai, ada 119 Website dan Aplikasi milik Pemko Dumai yang terdampak di Pusat Data Nasional. Dari 119 Website dan Aplikasi ini, 21 diantaranya merupakan layanan publik prioritas yang sering diakses oleh masyarakat Kota Dumai.

Kepada Bidang Layanan Aplikasi dan E-Government dan Bidang Infrastruktur Jaringan, serta Bidang Statistik dan Persandian, Kepala Diskominfotiksan menginstruksikan untuk memulai 'Backup Data" website dan aplikasi yang terdampak terutama pada website dan aplikasi yang menjadi layanan publik prioritas. 

Selain itu, H. Khairil Adli turut menginstruksikan kepada Bidang Informasi dan Komunikasi Publik untuk terus menginformasikan dan mempublikasikan terkait PDN serta memberikan penjelasan apabila ada masyarakat yang bertanya terkait website maupun aplikasi yang sulit diakses. 

Sejauh ini, Diskominfotiksan Kota Dumai memiliki backup data pada beberapa aplikasi dan website terutama yang masuk kedalam klasifikasi “Layanan Publik Prioritas” yang sering diakses masyarakat. 

Dalam penyampaiannya H. Khairil Adli menyebutkan bahwa Diskominfotiksan Kota Dumai menjaga dan terus berupaya agar 119 Aplikasi dan Website Pemko Dumai ini bisa berjalan lancar meskipun masih ada kendala di PDN. 

“Walaupun begitu, kita tahu ada beberapa website yang tidak bisa beroperasi seperti PPDB SMP. Sejauh ini Diskominfotiksan Kota Dumai terus berkomunikasi dengan Kemenkominfo RI dan berupaya agar website maupun aplikasi Pemko Dumai dapat terus diakses oleh masyarakat” ujar Ka. Diskominfotiksan Kota Dumai. 

Turur hadir seluruh Kepala Bidang Diskominfotiksan Kota Dumai, Jabatan Fungsional Bidang di Diskominfotiksan Kota Dumai, Tenaga Ahli dan Staf. 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index