Sudah 2.249 Jemaah Haji Asal Riau Kembali ke Tanah Air

Sudah 2.249 Jemaah Haji Asal Riau Kembali ke Tanah Air

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Hingga kemarin, Jumat (28/6/2024), sudah sebanyak lima (5) dari 12 kloter penerbangan jemaah haji asal Riau yang telah kembali ke tanah air. 

Adapun totalnya ada sebanyak 2.249 orang jemaah yang telah kembali ke Tanah Air dan berkumpul bersama keluarga. 

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Muliardi mengungkapkan, kelima Kloter tersebut berasal dari Kota Pekanbaru, Indragiri Hilir. Kampar dan Siak serta dua orang jemaah tanazul dari Kloter 13.

" Sampai hari ini sudah lima kloter kembali atau 2. 249 jemaah. Masih terdapat tujuh kloter berada di tanah suci, secara bertahap jemaah akan kembali ke tanah air, untuk gelombang pertama melalui bandara King Abdul Aziz jeddah, sedangkan untuk gelombang kedua melalui Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz,'' ungkap MUliardi.

Untuk pergerakan jemaah haji Provinsi Riau tergabung dalan gelombang kedua sudah mulai memasuki Madinah untuk melaksanakan ibadah di masjid Nabawi serta ziarah di Raudhah dan lainnya. Sebagaimana dilaporkan Ketua Kloter BTH 12 Amri Fitri, jemaah asal Kabupaten Kepulauan Meranti dan Pelalawan sudah di Kota Madinah untuk melaksanakan ibadah.

"Jemaah tinggal di Hotel Taj Ward Kota Madinah. Saat ini  sebagian jemaah melakukan ibadah di mesjid Nabawi dan ziarah ke Raudha dan Makam Nabi Muhammad SAW. Jemaah haji pada kloter BTH 12 ini terdiri sari 109 jemaah kepulauan meranti, 335 jemaah pelalawan dan 5 orang petugas,''ungkap dia.

Dari Tik kesehatan Kloter BTH 12 menganjurkan jemaahnya untuk menggunakan APD selama berada di luar ruangan, mengingat banyak jemaah mulai mengalami batuk.

"Jemaah banyak yang mengalami kelelahan dan kurang tidur. Solusi kami menganjurkan untuk istirahat dan tidak memaksakan ibadah, jika berada diluar ruangan agar menggunakan alat pelindung diri. Karena jemaah sudah banyak yang mulai batuk batuk, oleh karena itu kami anjurkan untuk tidak minum air dingin dan istrirahat yang cukup, serta minum oralit setiap hari. kami juga menganjurkan untuk berobat jika di perlukan". (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index