Dua Kelurahan di Pekanbaru dan Kementerian PUPR MoU Pembangunan IBM Sanitasi

Dua Kelurahan di Pekanbaru dan Kementerian PUPR  MoU Pembangunan IBM Sanitasi
Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, Kepala Balai Abdul Halil Kastela bersama Kepala DLHK dan perwakilan KMP penerima program foto bersama.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Cipta Karya, melalui Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Riau juga disaksikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru T. Ahmed Reza Fahlevi melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama penyediaan infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Sanitasi dengan Kelompok Masyarakat Penyelenggara (KMP) di dua kelurahan di Pekanbaru.

Kedua KMP tersebut asing-masing adalah KMP Mekar Melati Kelurahan Mentangor Kecamatan Kulim dan KMP Kopling Berjaya Kelurahan Sukajadi.

Penandatanganan perjanjian kerja sama penyelenggaran kegiatan yang merupakan kegiatan Pokok Pikiran dari anggota Komisi V DPR RI Efendi Sianipar ini dilaksanakan di Ruang Audiovisual BPPW Gedung PIP2B. Jl. Arifin Ahmad Pekanbaru, Selasa (2/7/2024).

Penandatanganan kerja sama ini sekaligus menjadi penanda dimulainya  Kegiatan Pembangunan Penyediaan Sarana dan Prasarana Sanitasi Program IBM Bidang Sanitasi Tahun Anggaran 2024  di kedua kelurahan  tersebut.

Kedua KMP ini, nantinya akan menjadi motor penggerak dari pelaksanaan kegiatan sanitasi berbasis masyarakat.

Kepala Balai Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau Abdul Halil Kastela dalam sambutannya menjelaskan Program ini  bisa dilaksanakan oleh masyarakat di kedua kelurahan ini dalam upaya terciptanya  lingkungan yang bersih, sehat, aman, dan nyaman.

Beberapa sarana yang akan disediakan dari  program IBM Sanitasi di kedua kelurahan ini adalah pembangunan  Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R).

Sarana ini berupa bangunan pengolahan, mesin pencacah, mesin pengayak termasuk juga motor sampah.

Kepala DLHK Kota Pekanbaru Tengku Ahmed Reza Fahlevi yang hadir pada kesempatan tersebut sangat menyambut baik terselenggaranya program IMB Sanitasi di dua kelurahan di Kota Pekanbaru ini.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR melalui  Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau juga anggota DPR RI Efendi Sianipar yang menggagas pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur sanitasi di tengah kota Pekanbaru yang saat ini terus tumbuh dan berkembang.

Dikatakan dia, pertumbuhan kota yang demikian pesat memang membutuhkan dukungan prasarana salah satunya adalah di bidang kebersihan dan sanitasi ini.

''Kami atas nama Pemko Pekanbaru menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan di kedua kelurahan ini. Kami yakin dengan dukungan prasarana ini, akan memberikan manfaat besar untuk mendukung perciptanya lingkungan yang lebih bersih dan tentunya meningkatkan peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas sampah,'' jelas Reza.

Reza juga  menjelaskan, dengan berdirinya TPS3R dan ditetapkannya kelompok pengelola masyarakat (kmp) dikelurahan Mentangor KMP Mekar Melati dan kelurahanan Pulau karomah KMP Kopling Berjaya mempunyai banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat diantaranya untuk menjadikan lingkungan menjadi lebih bersih dan bisa meningkatkan peranserta masyarakat dalam mengelola sampah.

''Dan terbangunnya TPS3R diharapkan dapat mengurangi volume sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang saat ini terus mengalami peningkatan dan tentunya akan  mengurangi beban penumpukan di TPA,'' kata dia.

TPS3R ini, jelas Reza, sangat membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah. Karena itulah, dia juga mengajak seluruh kecamatan dan kelurahan untuk kembali mengaktifkan TPS3R di wilayahnya.

Karena, TPS3R ini juga menjadi salah satu poin penting yang masuk dalam penilaian Adipura.

TPS3R sendiri adalah adalah Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (mengurangi – menggunakan – daur ulang) lalu Pendekatan pengelolaan 3R mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilah sampah, pengelolaan sampah organik yang akan dijadikan kompos.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut anggota DPR RI, Effendi Sianipar,   Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, Kepala Balai Abdul Halil Kastela, PPK Sanitasi, Ayomi Puji Amalia, Kemenag Siak, H Erizon Efendi, Kemenag Rohil H.Khairul,  Kemenag Kota Pekanbaru, Syahrul M dan  Siti Waskina juga PUPR Kampar, Oktovianto Riza dan Ahmad Fadli.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index