Pemadaman Karhutla, BNPB Bantu Heli Water Bombing

Pemadaman Karhutla, BNPB Bantu Heli Water Bombing

PEKANBARU  (RIAUSKY.COM)-  Pemerintah Provinsi Riau kembali menerima bantuan satu unit helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB). Heli jenis MI-8 tersebut diperuntukan untuk kegiatan Water Bombing (WB) pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau. 

"Hari ini bantuan heli dari BNPB kembali kita terima. Jenis heli MI-8," kata Kepala BPBD Riau melalui Kabid Kedaruratan, Jim Ghafur, Rabu (3/7/24). 

Serah terima heli dilaksanakan di kawasan Hanggar Lengkung Pangkalan Udara TNI AU Lanud Roesmim Nurjadin (Rsn) Pekanbaru. Selain dari BPBD Riau, sejumlah perwakilan dari instansi yang tergabung dalam penanggulangan Karhutla. 

"Heli tadi datang pukul 10.00 WIB. Tim tekhnis juga langsung melakukan pengecekan sebelum diifumgsikan intuk kegiatan water bombing," jelas Jim. 

Heli MI-8 buatan Rasia ini bisa membawa bucket (kantong air) dengan kapasitas 5 ribu liter. Kapasitas bucket yang dibawa MI-8 ini sama halnya dengan dua heli Sikorsky yang lebih awal didatangkan ke Riau untuk misi yang sama. 

"Sebelumnya heli water bombing kita sudah terima tiga heli. Dua jenis sikorsky. Satu lagi jenis Kamov," ujar Jim. 

Berbagai bantuan heli ini bentuk dukungan pusat upaya penanggulangan Karhutla di Riau. Sebelumnya pusat juga sudah mengirimkan bantuan pesawat jenis Cassa untuk kegiatan Tekhnik Modifikasi Cuaca (TMC) di Riau. (mc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index