Kepala DKP Monitoring Harga Komoditas Pangan di Pasar Cik Puan, Sejumlah Komoditas Turun...

Kepala DKP Monitoring Harga Komoditas Pangan di Pasar Cik Puan, Sejumlah Komoditas Turun...
Kepala DKP Pekanbaru dan jajaran melakukan monitoring harga komoditas pangan di Pasar Cik Puan Pekanbaru, Kamis (4/7/2024).

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru H. Maisisco melakukan monitoring harga komoditas pangan, Kamis (4/7/2024).

Monitoring harga dilaksanakan di Pasar Cik Puan, Sukajadi Kota Pekanbaru.

Dari pemantauan yang dilaksanakan, monitoring dilakukan terhadap sejumlah komoditas pangan utama seperti cabai merah, bawang, telur, kentang, tomat, beras, minyak goreng, ayam dan sejumlah komoditas lainnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Maisisco menjelaskan, harga komoditas pangan di Pasar Cik Puan sejauh ini terpantau stabil. Bahkan, pada beberapa komoditas terjadi penurunan yang signifikan.

Seperti halnya cabai merah yang sempat mengalami lonjakan saat Idul Adha lalu, pada monitoring yang dilaksanakan hari ini terpantau stabil dan pasokannya sedang banyak.

Tak hanya cabai merah bukit, bahkan, cabai merah dari beberapa daerah lainnya seperti cabai payakumbuh, cabai medan juga cabai jawa membanjiri pasar tersebut.

''Untuk ketersediaan banyak. Karena itu, harga cabai merah relatif stabil dan tidak ada kenaikan. Misalnya untuk cabai bukittinggi, harganya berkisar Rp55.000  per kilogram, kemudian cabai jawa Rp48.000 per kilogram serta cabai medan berkisar Rp44.000 per kilogram,'' jelas Maisisco.

Harga bawang merah juga mengalami penurunan, dari sebelumnya berkisar Rp.40.000, per hari ini pada kisaran Rp35.000 per kilogram untuk bawang merah jawa. Adapun bawang merah solok berkisar Rp32.000 per kilogram.

Harga telur ayam juga mengalami penurunan dari sebelumnya berkisar Rp55.000 per papan, pada hari ini terpantau seharga Rp50.000 hingga Rp52.000 per papan.

Sementara harga ayam masih relatif stabil di angka Rp26.000 hingga Rp28.000 per kilogram.

Sementara itu, menyikapi rencana pemerintah hendak menaikkan HET minyak goreng Minyakita, dari pantauan di Pasar Cik Puan terpantau harga jual pedagang masih berkisar Rp16.000 per liter.

Sementara harga beras SPHP di pasar juga masih normal yakni Rp65.000 per kemasan 5 kilogram.

Adapun harga komoditas pangan yang mengalami penurunan drastis adalah pada tomat, dimana harga tomat per kilogram saat ini hanya berkisar Rp8.000 per kilogram, dari sebelumnya pada angka Rp15.000 per kilogram.

Berkaitan dengan itu, Maisisco berharap kondisi harga komoditas pangan di kota Pekanbaru tetap stabil dan tidak terjadi fluktuasi yang terlalu jauh.

Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, jelas Maisisco terus melakukan pemantauan bukan saja terkait kelancaran pasokan komoditas pangan, namun juga memastikan harga komoditas pangan selalu stabil.(R04)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index