Strategi Penanganan Culture Shock pada Mahasiswa Pattani Thailand Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau

Strategi Penanganan Culture Shock pada Mahasiswa Pattani Thailand Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau
Dok. Istimewa

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Saat ini tercatat ada 20 mahasiswa Pattani, Thailand yang menjalankan program sarjana dan magister di Universitas Islam Riau (UIR). Namun ada permasalahan yang lazim mereka dapati adalah kesulitan dalam mengikuti kegiatan akademis, kesulitan dalam pergaulan dan beradaptasi dengan mahasiswa lainnya.

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh sejumlah dosen Psikologi UIR yaitu Leni Armayati, Ica Herawati, Juliarni dan Raihanatu Binqalbi Ruzain pada beberapa mahasiswa Thailand, didapati kalau mereka cenderung berkelompok dan berbaur dengan teman sesama mereka.

Seperti diketahui juga, dalam rangka globalisasi banyak universitas di dunia menjalankan program internasionalisasi sejak akhir abad 20 yang silam. Salah satu Universitas yang menjalankan program tersebut adalah Universitas Islam Riau merupakan salah satu universitas swasta yang terletak di Pekanbaru, Riau.

UIR berdiri sejak tahun 1962. Saat ini UIR selalu meningkatkan kualitasnya dengan berbagai visi dan misi. Visi UIR saat ini adalah menjadikan UIR 2041 Menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Taqwa.

Untuk mewujudkan visi tersebut salah satu program yang dilaksakan adalah dengan adanya program pertukaran mahasiswa ataupun program mahasiswa Pattani dalam pelaksanaan tata perkuliahan.

Dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiwa Pattani di Universitas Islam Riau, mereka menghadapi berbagai masalah. Permasalahan yang lazim ditemui meliputi tekanan akademik, permasalahan finansial, rasa kesepian, konflik antar pribadi, kesulitan menghadapi perubahan dan permasalahan mengembangkan otonomi pribadi.

Namun, menurut Khawaja dan Dempsey (dalam Hutapea, 2014) sejumlah persoalan ini akan lebih berat untuk dihadapi oleh mahasiswa internasional karena tambahan sejumlah persoalan lain misalnya keterkejutan budaya, kebiasan baru, hambatan bahasa, maupun kemungkinan perbedaan menu dan jadwal makan (hutapea, 2014).

Oleh sebab itu, maka dilakukan kegiatan Strategi Penanganan Culture Shock pada Mahasiswa Pattani Thailand Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau.

Kegiatan ini dikhususkan bagi mahasiwa Pattani yang berasal dari Pattani yang merupakan mahasiswa aktif di Universitas Islam Riau untuk membantu mereka melakukan penyesuaian sosial dengan mahasiswa yang berasal dari Indonesia.

Hal ini berguna sehingga mahasiwa Pattani dapat menyesuaiakan diri sehingga mereka mendapati dukungan sosial yang dapat menaikkan kepercayaan diri mereka dengan baik dan membantu mereka dalam menjalankan kehidupan sehari-hari sebagai mahasiwa di Universitas Islam Riau. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index