Bupati Asmar Buka MTQ ke-XXIV Kecamatan Rangsang

Bupati Asmar Buka MTQ ke-XXIV Kecamatan Rangsang

MERANTI (RIAUSKY.COM) - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar didampingi istri Hj. Ismiatun, membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-XXIV tingkat Kecamatan Rangsang, Sabtu (20/7/2024) malam, di Lapangan Pentas Seni Kecamatan Rangsang.

Pembukaan MTQ diawali dengan pembukaan stan bazar oleh Plt Bupati H. Asmar didampingi Istri Hj. Ismiatun, serta Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan, Anggota DPRD H. Hatta, Camat Rangsang Setu, Upika Kecamatan Rangsang dan kepala desa se-Kecamatan Rangsang.

Plt Bupati Asmar mengatakan melalui kegiatan MTQ yang dilaksanakan diharapkan dapat mensyiarkan Al-Qur'an dan menjadi Al-Qur'an sebagai pegangan hidup yang hakiki serta sebagai cerminan kepribadian dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Kepada para kafilah, selamat mengikuti MTQ ke-24 Tingkat Kecamatan Rangsang tahun 2024, semoga sukses meraih prestasi serta memberikan manfaat dan maslahat kita dalam upaya mengaktualisasikan ajaran Islam secara damai di Kepulauan Meranti," ujar H. Asmar. 

Dia juga menyampaikan, MTQ merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya, dengan tujuan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Quran. Selain itu juga menjaring para qari dan qariah untuk selanjutnya mewakili kecamatan dalam mengikuti kegiatan MTQ tingkat kabupaten.

"Tidak hanya untuk mendapatkan juara, tetapi yang lebih utama adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al-Qur'an dalam kehidupan," terangnya.

Asmar juga berharap pelaksanaan MTQ dapat menjadi sarana untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama, khususnya masyarakat Kecamatan Rangsang. Lewat perhelatan itu, diharapkan juga dapat dijadikan salah satu alat penangkal dampak negatif berbagai kemajuan yang tidak sesuai dengan isi kandungan Al-Qur'an,

"Serta dasar pijak untuk menjadi generasi muda yang peduli, kreatif, dan senantiasa melakukan perubahan ke arah kebaikan, untuk menjadi generasi penerus yang qur'ani," harap Asmar.

"Terima kasih kepada semua pihak, khususnya panitia MTQ yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan dan menyukseskan acara ini, semoga kerja keras kita diberi ganjaran pahala disisi Allah," tutupnya.

MTQ ke-24 Kecamatan Rangsang tahun 2024 mengusung tema Dengan MTQ Kecamatan Rangsang Ke-XXIV Kita Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Tangguh dan Qur'ani di Bumi Rangsang. Diikuti 14 desa se-Kecamatan Rangsang dengan jumlah peserta sebanyak 290 orang dari berbagai cabang yang dilombakan.

Tampak hadir dalam pembukaan, Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan, Anggota DPRD H. Hatta, Camat Rangsang Setu, unsur pimpinan Kecamatan Rangsang, Ketua LPTQ, Ketua MUI, kepala desa se-Kecamatan Rangsang, para dewan hakim, ofisial dan kafilah MTQ, serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Hadir mendampingi Plt Bupati Asmar, unsur Forkopimda Kepulauan Meranti, Kakan Kemenag Kepulauan Meranti H. Sulman, Danramil 02 Tebing Tinggi Kapten Inf Tarman Sugiarto, Plt Asisten I Setdakab Muhammad Mahdi, Kadis Koperasi dan UMKM T. Arifin, Kadis PMD Asrorudin, Kasatpol PP Tunjiarto, Kabag Prokopim Setda Alfian.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index