Kembali BPBD Kampar Padamkan Api Kebakaran Lahan di Silam Kecamatan Kuok

Kembali BPBD Kampar Padamkan Api  Kebakaran Lahan di Silam Kecamatan Kuok

KAMPAR (RIAUSKY.COM) - Kembali kebakaran lahan di kabupaten kampar kembali terjadi, kali ini terjadi di Dusun Mekar Sari Desa Silam Kecamatan Kuok Rabu Sore (24/7/2024) dengan koordinat kejadian 0°19'6"N 100°53'43"E. 

Demikian disampaikan langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kampar Drs. Agustar, M.Si, di lokasi kebakaran bersama petugas Operator BPBD Kabupaten kampar. 

Agustar menambahkan, bahwa kebakaran kali ini terjadi di lahan gambut semak Belukar, dan Perkebunan karet dengan status lahan milik masyarakat atas nama Busra. Dimana jenis kebakaran furface fire dan ground fire (Kebakaran permukaan dan Bawah Permukaan). 

Untuk cuaca dilokasi sendiri saat  itu berdasarkan Prakiraan Cuaca (BMKG) cerah berawan dengan suhu  30°C - 33°C dan kelembaban 53%.

Lebih lanjut, Agustar menyebut bahwa lahan yang terbakar seluas lebih kurang  ± 0,5 Ha ini belum diketahui penyebabnya dan ini masih dalam penyelidikan petugas. 

Diakui, saat itu Satgas TRC Pusdalops-PB BPBD kampar bersama TNI dan Polri, perangkat desa serta masyarakat setempat masih kesulitan memadamkannya, hal ini disebabkan oleh sulitnya sumber air dan berada lokasi perbukitan.

Namun upaya petugas, Satgas TRC Pusdalops-PB BPBD terus melakukan penyekatan, pemadaman dan pendinginan di lokasi kejadian dan hasillnya api berhasil dipadamkan.

Adapun sarpras yang digunakan saat kejadian adalah 1 Unit Mobil Angkut Milik Masyarakat, 1 Unit Water Tank Milik Masyarakat, 1 Unit Mesin Honda GX Milik Masyarakat, 2 Unit Mobil Angkut Milik BPBD Kampar, 2 Unit Water Tank Milik BPBD Kampar, 1 Unit Mesin Kohle, 2 Unit Mesin Mini Strike, 1 Gulung Selang Hisap 2,5", 1 Gulung Selang Buang 2,5", 10 Gulung Selang Buang 1,5", 1 Buah Y Connection, 2 Buah Nozzle 1.5"

Agustar juga menyampaikan, bahwa kedepan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Kampar.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index