AYO! Menikmati Puluhan Karya Pelukis Pekanbaru di Gedung Dekranasda Arifin Achmad

AYO! Menikmati Puluhan Karya Pelukis Pekanbaru  di Gedung Dekranasda Arifin Achmad
Asisten II Sekdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhud saat meninjau pelaksanaan pemeran lukisan karya pelaku senirupa se Kota Pekanbaru, Sabtu (10/8/2024) malam.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Puluhan lukisan dari para pelaku seni rupa di Kota Pekanbaru dipamerkan pada momen pameran lukisan yang dilaksanakan Forum Komunikasi Peseni Rupa (FKPR) Kota Pekanbaru selama 20 hari ke depan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya memberikan ruang kepada pelaku seni rupa dalam memperkenalkan karya-karya yang mereka hasilkan.

Pada kesempatan membuka pameran yang akan dilaksanakan terhitung 10-31 Agustus 2024 ini, Asisten II Sekdako Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhud menyambut baik.

Dijelaskan Ingot, Pemerintah Kota Pekanbaru sangat mendukung upaya membangun kreativitas  di tengah masyarakat Kota. Tak terkecuali untuk karya-karya dari para peseni rupa.

Dikatakan dia, para pelaku seni rupa ini biasanya adalah mereka yang bicara apa adanya, terbuka. Hal tersebut akan tercermin dari karya-karya yang mereka hasilkan.

Dalam membangun Kota Pekanbaru, peran dari para pelaku seni, khususnya seni rupa juga diperlukan untuk memberikan masukan dan gambaran terkait apa-apa yang sudah dan yang perlu dilaksanakan pemerintah.

''Biasanya, pelaku seni rupa ini kan apa adanya, karya-karya mereka menunjukkan sebuah kejujuran karena berasal dari penghayatan yang dalam atas sebuah gambaran di tengah masyarakat. Karena itulah, sinergi dan kolaborasi dalam membangun Kota Pekanbaru juga diperlukan.

Dia juga berharap, dengan dibukanya kesempatan bagi seluruh unsur termasuk para pelaku seni rupa untuk berkontribusi di gedung Dekranasda ini, dia harapkan akan mampu mendorong kemajuan Kota Pekanbaru.

Sementara itu, Mirza Adrianus, Kuraor Seni Rupa Kota Pekanbaru mengungkapkan terima kasihnya kepada Pemko Pekanbaru, khususnya Dekranasda Pekanbaru yang memberikan ruang kepada para pelaku seni rupa untuk melaksanakan pameran ini.

Dijelaskan dia, para seni rupa ini pada hakikatnya adalah insan krearif. Hampir setiap hari bisa menghasilkan karya-karya terbaik mereka. Hanya saja, sering kali terbentur dengan kemana harus memperkenalkan dan mempromosikannya.

''Ruang yang diberikan di Gedung Dekranasda ini adalah sebuah dukungan yang sangat luar biasa bagi kami,'' ungkap dia.

Mirza juga berharap dengan pameran ini, akan mampu membangkitkan lebih luas lagi geliat aktivitas pelaku senirupa dan menjadikan Pekanbaru sebagai gerbang utara untuk karya senirupa.

Pada pelaksanaan pameran senirupa ini, setidaknya ada 28 pelukis yang ikut ambil bagian.

Jumlah ini adalah hasil seleksi dari banyak sekali pelukis yang ingin ikut ambil bagian pada pameran ini.

Mirza menjelaskan, para peserta yang ikut dalam pameran ini terdiri dari beberapa kemompok masa.

''Ada yang dari tahun 80-an, 90-an, 2000-an, 2010 dan hingga pelukis-pelukis muda,'' kata dia.

Pameran dibuka dengan pengguntingan pita sekaligus peninjauan terhadap karya seni rupa yang ikut tampil.

Asisten II Ingot Ahmad Hutasuhud dan sejumlah pejabat daerah yang hadir tampak menikmati sejumlah hasil karya senu perupa yang ikut ikut pada pameran ini.

Selain pelaksanaan pembukaan pameran, pada momen tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kerja sama antara Dekranasda dipimpin ketua Harian Zulhelmi Arifin bersama sejumlah kepala OPD untuk pemanfaatan sarana gedung Dekranasda.

Beberapa kepala dinas yang hadir di antaranya Kepala Dinas Pendidikan Dr. Abdul Jamal, Kadis Koperasi dan UMKM Sarbaini, KadisDP3PM Chairani, Kepala Disperindag Zulhelmi Arifin disaksikan Asisten II Ingot Ahmad Hutasuhud.(R06)

 

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index