Dewan Hakim PON XXI Tetapkan Azzahra Atlet Renang Riau

Dewan Hakim PON XXI Tetapkan Azzahra Atlet Renang Riau

ACEH (RIAUSKY.COM) - Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya atlet renang Riau, Azzahra,  ditetapkan sebagai atlet Riau pada PON XXI Aceh-Sumut 2024. Walaupun sebelumnya Azzahra, sudah dinyatakan menang oleh Badan Arbitrase Olahraga Republik Indonesia (BAORI), yang diminta oleh pihak Sulawesi Tenggara.

Keputusan Azzahra sebagai atlet yang sah bagi kontingen Riau, ditetapkan oleh Dewan Hakim PON XXI, petikan putusan dengan nomor 02/DH/P/PONXXI/IX/2014, tertanggal 7 September tahun 2024, telah memutuskan perkara yang diajukan oleh kontingen Riau PON XXI.

Dalam putusan tersebut disebutkan, mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian, membatalkan surat ketua Komite PB PON XXI Aceh-Sumut. Menyatakan atlet renang atas nama Azzahra Permatahani, tetap merupakan atlet renang Provinsi Riau. Menolak permohonan pemohon untuk selain dan selebihnya. Lalu, menyatakan putusan Dewan Hakim PON XXI 2024, bersifat final dan mengikat. 

“Alhamdulillah berkat doa kawan kawan semua dan ikhtiar kita bersama hari ini, dewan hakim PB PON yang dipimpin oleh pak Sigit, telah memutuskan bahwa Azzahara, cabor renang menjadi tetap berada di Provinsi Riau. Untuk sarana dan administrasi sudah kita terima, sesuai dengan keputusan dari dewan hakim,” ujar Aryo Akbar, Wakil Sekretaris III KONI Riau, Senin (9/9).

Terkait dengan keinginan Azzahra untuk bertanding sebagai atlet Riau, apakah di penuhi oleh Azzahra, Aryo mengatakan, pihaknya bersama KONI Riau langsung neng konfirmasi yang bersangkutan, agar pada PON XXI ini tetap memperkuat Riau. 

“Untuk konfirmasi Azzahar sendiri, tentu kami sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yang telah berada dalam ikhtiar kita, tentu dari binpres dan dari pihak KONI Riau segera berkomunikasi untuk itu, kami selaku tim hukum hanya mempersiapkan dan memaksimalkan ikhtiar itu saja,” jelasnya. 

Terkait dengan jadwal pertandingan cabang olahraga renang, Aryo mengatakan, sesuai dengan jadwal pertandingan akan dilaksanakan, pada tanggal 14-19 September di venu kolam renang Selayang Disporasu, Medan. Azzahra sendiri akan turun di nomor 200 M, 400 M gaya ganti, 400 M gaya bebas, 800 M gaya bebas, 200 M gaya Kupu-kupu, dan 200 M gaya dada

Azzahra pada PON XX Papua lalu berhasil meraih 1 medali emas bagi kontingen Riau, 400 M gaya ganti, serta menyumbangkan 3 medali perak, gaya punggung, gaya ganti dan gaya kupu-kupu. Mantan atlet Olimpiade ini ditargetkan bisa menyumbangkan 2 medali emas bagi kontingen Riau. (mc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index