Jelang Idul Adha, Harga Bahan Pokok Kembali Melonjak

Rabu,23 September 2015 | 14:58:30 WIB
Jelang Idul Adha, Harga Bahan Pokok Kembali Melonjak
Ket Foto : Kondisi Pasar Cik Puan Pekanbaru jelang hari raya kurban. Foto: Ade

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Satu hari menjelang perayaan Idul Adha, Harga komoditi di Pekanbaru kembali melonjak. Lonjakan ini terjadi pada bahan makanan seperti sayur mayur, ayam potong dan daging sapi.
`
Berdasarkan pemantauan riausky.com, Rabu (23/9) di Pasar Cik Puan, lonjaknya harga komoditi ini disebabkan oleh berbagai hal. "Sayur sudah naik dari beberapa pekan terakhir, Apalagi ini sudah mau lebaran," ujar Ida (41) salah seorang pedagang di pasar Cik Puan.

Harga sayur yang tadinya Rp3-4 ribu sekarang sudah naik menjadi Rp5-6 ribu per ikatnya. "Kenaikan harga sayur ini diakibatkan oleh musim kemarau yang terjadi beberapa pekan terakhir. Sehingga petani sulit untuk panen," tambahnya.
 
Tidak hanya sayur, Ayam potong juga mengalami kenaikan harga. Sempat turun beberapa hari yang lalu dari Rp22-25 ribu turun menjadi Rp16-17 ribu per kilogramnya. Hari ini (23/9), Harga ayam kembali naik berkisar antara Rp19-20 ribu per kilogramnya.

Sementara itu, Hadi (36) salah seorang penjual ayam potong mengatakan kenaikan ayam potong diakibatkan hari raya Idul Adha yang tinggal satu hari lagi dan meningkatnya jumlah peminat ayam potong.

"Ya kita ikut harga pasaran aja mas, pedagang yang lain juga sama karena tiap tahun memang begini apalagi sekarang banyak yang beli ayam," tambahnya.

Elly (40) salah seorang ibu rumah tangga mengatakan menjelang hari raya Idul Adha kebanyakan warga membeli perlengkapan-perlengkapan dan bumbu-bumbu untuk memasak.

Hal serupa juga dikatakan oleh Mia (37). "Menjelang Idul Adha biasanya kami beli ketupat, bumbu-bumbu, santan, ayam juga dan lainnya lah ya persiapan untuk lebaran," sebutnya. (R04)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS