Pedagang Membludak ke Badan Jalan, Pemko Tambah Kios Pasar Teratai Madani

Pedagang Membludak ke Badan Jalan, Pemko Tambah Kios Pasar Teratai Madani
Mahyuddin
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Pasar (Dispas) Kota Pekanbaru akan menambah lagi bangunan kios Pasar Teratai Madani setempat untuk menampung para pedagang yang kini masih berjualan di badan jalan Pasar Senapelan.
         
"Pembangunan kios Pasar Teratai Madani tahap I sudah selesai pada tahun anggaran 2015 lalu," kata Kepala Dinas Pasar Pekanbaru Mahyudin, Senin 23 Mei 2016.
         
Mahyudin menyatakan pihaknya saat ini akan melengkapi kapasitas Pasar Teratai Madani sebelum digunakan untuk penempatan pedagang, dengan menambah puluhan kios di lantai II bangunan pasar itu.
         
Pemko Pekanbaru juga akan membangun jembatan penghubung antara Pasar Senapelan lama dengan Teratai Madani. "Pembangunan tahap II akan ada jembatan yang menghubungkan Pasar Senapelan, ditambah puluhan kios dan food court," sebutnya.
         
Menurut dia, anggaran yang diperlukan bagi pembangunan pasar itu saat ini masih diupayakan akan didapatkan dari bantuan program pembangunan 5.000 pasar higienis pemerintah pusat.
         
"Kami berusaha mengajukan permohonan jika bisa didanai oleh APBN," katanya lagi.
         
Namun karena saat ini sedang ada rasionalisasi, maka pihaknya harus berupaya bisa menggaet anggaran dari luar Pekanbaru. Apalagi pemerintah kini sedang gencar membangun pasar-pasar tradisional higienis di Indonesia.
         
Pasar Teratai Madani kini sudah memiliki 130 lebih los dan kios, dari semula merupakan bangunan SDN 19 Pekanbaru yang sudah dialihfungsikan menjadi pasar itu.
         
Lokasi pasar ini ke depan bakal dijadikan tempat penampungan pedagang kaki lima (PKL) Pasar Kodim/Senapelan yang kini memenuhi trotoar dan badan Jalan Teratai.
         
Ke depan jalan dan trotoar itu bisa difungsikan untuk lalu lintas dan pejalan kaki, setelah PKL direlokasi ke dalam pasar.
         
Saat ini pemindahan PKL belum bisa dilakukan karena masih menunggu proses pendataan jumlah pedagang, mengingat Pasar Teratai Madani sekarang hanya bisa menampung sekitar 150-an pedagang saja.     
    
Padahal jumlah pedagang yang kini berjualan di badan Jalan Teratai dan sekitarnya mencapai 350 orang lebih. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index