Defisit Listrik Riau Meningkat,

Pemadaman Menjadi Dua Kali Sehari Per Dua Jam

Pemadaman Menjadi Dua Kali Sehari Per Dua Jam
ilustrasi pemadaman listrik oleh PLN
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Karena alasan mengalami defisit daya, akibat meningkatnya kebutuhan kelistrikan masyarakat, PLN bakal menambah durasi pemadaman bergilir di beberapa wilayah di Riau. Bila sebelumnya, pemadaman hanya terjadi satu kali dalam sehari, terhitung besok, pemadaman akan terjadi dua kali dalam sehari. 
 
 
Kepada wartawan, Rabu (30/9/2015), Humas PLN Wilayah Riau dan Kepri, Nasri  menjelaskan PLN terpaksa  menambah jadwal pemadaman bergilir dengan durasi lebih lama. Bila sebelumnya, pemadaman bergilir berlangsung dalam hitungan dua jam per hari, maka, terhitung minggu ini, penambahan jadwal pemadaman bergilir akan terjadi dua kali dalam sehari dengan durasi dua jam per pemadaman atau total menjadi 4 jam per hari.
 
Penambahan manajemen bebas jadwal pemadaman bergilir ini, disebutkan Nasri, akan mulai dilaksanakan minggu ini. Adapun pertimbangan penambahan durasi pemadaman ini karena proses maintenance pembangkit listrik yng disebabkan kotornya filter udara karena asap. Kotornya filter asap tersebut berimplikasi pada terjadinya peningkatan defisit daya yang dihasilkan pembangkit PLN.
 
"Misalnya, Senin (28/9/15) lalu, terjadi peningkatan defisit daya. Hal itu yang membuat pemadaman bergilir menjadi dua kali sehari,''imbuh Nasri.
 
Dia menegaskan, bila sebelumnya, defisit daya hanya sebesar 30 megawatt, pada senin kemarin bertambah. Penambahan sebesar 22 megawatt menjadi 52 megawatt.
 
Selain faktor maintanance filter udara, kondisi kekeringan di sekitar PLTA koto Panjang juga menjadi salah satu alasan menurunnya kemampuan kerja dari PLTA yang ada.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index