2016, Proyek Sistem Pengolahan Air Minum Riau Rampung

2016, Proyek Sistem Pengolahan Air Minum Riau Rampung
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Provinsi Riau menargetkan proyek pembangunan sistem pengolahan air minum (SPAM) di tiga daerahnya bakal rampung pada 2016.

Kepala Dinas Cipta Karya Provinsi Riau Dwi Agus Sumarno mengatakan proyek air minum yang dibiayai pemerintah pusat itu akan dibangun di tiga daerah yaitu Kota Dumai, Kabupaten Roka Hilir, dan  Kabupaten Bengkalis.

“Proyek ini bertahap di seluruh wilayah Riau, sekarang yang sedang dikerjakan untuk tiga daerah Dumai Rohil dan Bengkalis atau disingkat Durolis, anggarannya dari pusat Rp1,3 triliun,” katanya, Kamis (1/10). seperti dimuat bisnis.

Dwi mengatakan saat ini tahapan pengerjaan proyek sudah memasuki proses pembebasan lahan. Untuk lokasi instalasi pengolahan air minum (IPA) telah ditetapkan akan dibangun di Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir.

Dari lokasi ini, pemda akan membangun jaringan air baku (intake) yang bersumber dari aliran sungai Rokan, lalu dialirkan lewat pipa ke IPA di Tanjung Melawan. Setelah itu penyaluran ke rumah atau pelanggan diserahkan kepada pemerintah daerah setempat.

Menurut Dwi, SPAM yang dibangun ini mempunyai kapasitas terpasang air mencapai 800 liter/detik, sehingga diperkirakan dengan jumlah air yang dihasilkan nantinya mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk 56.000 rumah di tiga wilayah tersebut.

“Memang dari hitungan kami nantinya bisa mengalirkan air bersih ke sekitar 56.000 rumah. Untuk penyaluran ke masing-masing daerah, tiap kabupaten sudah menyiapkan anggaran daerahnya untuk pembangunan pipa,” katanya.

Dari data terakhir yang diterima Dinas Cipta Karya, pemerintah kabupaten dan kota yang mendapatkan fasilitas dari proyek SPAM ini masing-masing menyiapkan dana senilai Rp150 miliar untuk membangun jaringan pipa air bersih, sedangan khusus untuk Bengkalis telah menyiapkan dana Rp200 miliar. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index