Pelaksanaan TPBIS, Dispusip Pekanbaru Kunjungan Studi Tiru ke Dispusip Bengkalis

Jumat, 15 Maret 2024 | 11:09:34 WIB
Kepala Bidang Layanan Perpustakaan (P2LP) Kota Pekanbaru Dinas Perpustakaan Tenas Effendy, Suryana Hakim menerima cinderamata berupa buku dari Kadispusip Bengkalis Hendrik Dwi Yatmoko.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Jajaran Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kota Pekanbaru melakukan kunjungan dalam rangka studi tiru ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, pekan lalu.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan yang terdiri dari 17 orang tersebut juga melakukan studi ke Perpustakaan Tuan Guru Haji Ahmad, Kabupaten Bengkalis.

Ketibaan rombongan disambut oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuan Guru Haji Ahmad Kabupaten Bengkalis, Hendrik Dwi Yatmoko serta jajaran dinas, pustakaan dan jajaran.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka studi tiru pelaksanaan TPBIS (Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial) serta studi tentang pengembangan replikasi mandiri yang sudah cukup banyak dilaksanakan di desa-desa di Kabupaten Bengkalis.

Kepala Bidang Layanan Perpustakaan (P2LP) Kota Pekanbaru Dinas Perpustakaan Tenas Effendy, Suryana Hakim dan jajaran Dispusip Pekanbaru  melakukan diskusi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru Hj Erna Juita melalui Kepala Bidang Layanan Perpustakaan (P2LP) Kota Pekanbaru Dinas Perpustakaan Tenas Effendy, Suryana Hakim menyebutkan, ada beberapa program yang dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis yang dinilai unggul, salah satunya adalah berkaitan dengan program TPBIS.

Keberhasilan kabupaten Bengkalis tersebut sudah dibuktikan dengan mendapatkan  penghargaan secara Nasional.

Suasana  diskusi dalam kunjungan ke Dispusip Kabupaten Bengkalis.

Karena itulah, pihaknya yang hadir bersama pejabat fungsional pustakawan, mulai dari pertama sampai dengan madya juga stafdi front office (THL) berharap bisa saling menimba ilmu untuk membangun kinerja perpustakaan yang lebih baik lagi ke depannya.

''Untuk Bengkalis, TPBIS (Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial) nya sudah bagus, dan kami berkunjung sekaligus belajarbagaimana caranya bisa lebih menggiatkan TPBIS di Kota Pekanbaru,'' jelas Suryana.

Rombongan Dispusip Pekanbaru melakukan foto bersama dengan jajaran Dispusip Kabupaten Bengkalis.

''Selain itu juga kami juga ingin melihat bagaimana cara Perpustakaan di Bengkalis, untuk menggiatkan Replikasi Mandiri, karena kami lihat sudah cukup banyak desa-desa yang sudah melakukan Replikasi Mandiri. Kami ingin mendapatkan masukan dan pengetahuan tentang apa yang dilaksanakan terkait replikasi mandiri ini. Semoga dengan adanya kunjungan studi tiru ini,Kita dapat mengikuti  Perpustakaan Kabupaten Bengkalis dan bagaimana kita bisa kita mengambil hal-hal yang baik yang bisa kita tiru untuk perpustakaan kita," ungkap Suryana.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuan Guru Haji Ahmad Kabupaten Bengkalis, Hendrik Dwi Yatmoko sangat menyambut baik kedatangan rombongan dari Kota Pekanbaru ini.

Dia pun sangat mengapresiasi komitmen dan keinginan besar dari Dispusip Pekanbaru untuk bisa meningkatkan peran perpustakaan bukan hanya sebagai sarana baca, namun juga memperluas cakrawala pengetahuan untuk masyarakat.(advertorial)

Terkini