BBPOM Temukan Bahan Makanan Mengandung Boraks di Pasar Rumbai

BBPOM Temukan Bahan Makanan Mengandung Boraks di Pasar Rumbai

RUMBAI (RIAUSKY.COM) - Tiga bahan makanan yang dijual oleh Pedagang di Pasar Rumbai, Kecamatan Rumbai Pesisir, Positif mengandung zat berbahaya berjenis Boraks.

Hal ini diketahui setelah tim dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Pekanbaru melakukan sidak ke Pasar Rumbai, Kamis (8/10) Siang.

"Dari seluruh bahan makanan yang diuji tadi, tiga diantaranay mengandung Boraks. Diantaranya adalah kerupuk nasi, mie kuning basah dan tiaw," ujar Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) Pasar Rumbai, Rino.

Usai diuji, ketiga bahan makanan tersebut kemudian dibawa ke BBPPOM untuk dilakukan uji Laboratorium lebih lanjut.

Dikatakanya, Sidak yang dilakukan oleh BBPOM tersebut dalam rangka Implementasi Aksi Pasar Aman dari bahan berbahaya di Provinsi Riau, sebagai tindak lanjut BBPOM di Pekanbaru dengan Sekretaris Dinas Pasar Kota Pekanbaru.

Dari hasil tersebut, kata Rino, Pasar Rumbai ini ditetapkan sebagai pasar yang akan diintervensi di tahun 2015 ini.

"Jadi hal ini dilakukan untuk memberdayakan dan meningkatkan kompetensi pengelola pasar dalam melakukan pengawasan dan peredaran bahan berhaya di pasar rumbai ini," terangnya.

Ditanya apa tindakan yang akan dilakukan kepada seluruh pedagang, Rino mengatakan sudah meminta pedagang untuk segera menghentikan dan tidak lagi menjual barang yang mengandung zat berbahaya tersebut.

"Kita sudah hentikan penjualannya, dan melakukan sosialisasi kepada pedagang yang lain agar bisa jeli memilih barang-barang yang akan dijual kepada masyarakat." tuturnya.

Kepada pembeli, Rino juga berpesan untuk bisa waspada dan teliti sebelum membeli bahan makanan dipasar. "Artinya bukan di pasar rumbai ini saja, tetapi juga untuk dipasar-pasar lainya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index