BI: Ekonomi Riau Kuartal IV Bakal Tumbuh Positif

BI: Ekonomi Riau Kuartal IV Bakal Tumbuh Positif
Kantor Bank Indonesia Perwakilan Riau

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Meskipun kondisi ekonomi nasional sedang terpuruk, namun Bank Indonesia Perwakilan Pekanbaru memprediski kalau ekonomi akan tumbuh positif pada kuartal IV/2015.

“Kami optimistis ekonomi Riau kuartal terakhir ini akan tumbuh positif, karena ada banyak pendorong seperti paket ekonomi dari pemerintah pusat, serta penyerapan anggaran daerah yang memang akan naik jelang akhir tahun,” katanya, Deputi Kepala Perwakilan BI Pekanbaru Irwan Mulawarman.

Menurut data Bank Indonesia perekonomian di Riau pada semester I/2015 mengalami kontraksi sebesar 1,37% secara year on year. Sedangkan pada kuartal II/2015 tercatat kontraksi sebesar 2,64% (yoy), jauh lebih dalam dibandingkan kuartal I/2015 yang berkontraksi sebesar 0,03%.

Pada kuartal III/2015 kecenderungan ekonomi Riau akan kembali tumbuh negatif disebabkan terjadinya bencana kabut asap pada pertengahan Agustus hingga September.

Sementara itu, penyumbang pertumbuhan ekonomi diberikan oleh konsumsi rumah tangga yang ikut terkerek pada momen Idulfitri pada Juli lalu, tahun ajaran baru pada Agustus, dan Iduladha pada akhir September.

Lalu pada kuartal IV/2015 pertumbuhan ekonomi daerah akan terdorong dari banyaknya kemudahan yang diberikan kepada pengusaha dalam menjalankan bisnis lewat paket kebijakan ekonomi Jilid I, II, dan III yang telah diluncurkan pemerintah pusat. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index