Ingin Bertemu Langsung dengan Presiden Jokowi

CARI KEADILAN... Ratusan Buruh PT Pelindo I Medan Rela Berjalan Kaki dari Medan ke Jakarta

CARI KEADILAN... Ratusan Buruh PT Pelindo I Medan Rela Berjalan Kaki dari Medan ke Jakarta
Ratusan Buruh Pelindo I Medan saat tiba di Pekanbaru
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Muka kusam terpancar dari Ratusan buruh  PT Pelindo I Medan yang tergabung dalam Pengurus Komisariat Serikat Buruh Sejatera Indonesia (PK SBSI) Kopkarpel UPTK Belawan-Pelindo I dari Medan menuju Jakarta, saat tiba di kota Pekanbaru, Senin, malam, 30 Desember 2016.
 
Setelah menempuh jarak 659 kilometer lebih dalam waktu 11 hari, beragam rintangan harus mereka lalui untuk memperjuangkan hak. Sepatu yang lusuh, bolong hingga berjalan tanpa alas kaki, tidak ada artinya bagi mereka, agar haknya untuk memperoleh keadilan diamini oleh orang nomor satu di Indonesia.
 
Ketua Dewan Pengurus Cabang Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (DPC SBSI) Medan April Waruwu yang juga sebagai Koordinator Lapangan (Korlap) aksi menjelaskan, sejak melewati Provinsi Sumatera Utara, para peserta berjalan kaki menyusuri hutan-hutan dan jalanan sepi.
 
“Sesekali beristirahat di bawah pepohonan, dan juga memasak di depan rumah warga setempat daerah hutan perkebunan, di daerah yang di lalui, sembari mengecek kondisi kesehatan masing-masing peserta,” tutur April Waruwu.
 
Bahkan, sejumlah tokoh masyarakat di daerah yang dilalui, turut memberikan dukungan moral, dan juga menyumbang logistik, seperti yang terjadi di Bagan Batu. “Kami disumbang sembako dan beras dua karung oleh Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama yang merupakan pengurus mesjid di tempat ini,” ujarnya.
 
April menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua warga yang dilintasi, dan juga kepada para tokoh masyarakat setempat yang memberikan dukungan moril dan materil bagi perjuangan buruh.
 
Sebelumnya, di hari ke tujuh, yakni Kamis 26 Januari 2017, para buruh PT Pelindo I Medan yang tergabung dalam aksi long march Pengurus Komisariat Serikat Buruh Sejatera Indonesia (PK SBSI) Kopkarpel UPTK Belawan-Pelindo I telah berlalu meninggalkan kawasan Provinsi Sumatera Utara menuju Provinsi Riau.
 
“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besaranya kepada semua pihak di Sumatera Utara yang telah membuka hati dan memberikan bantuan moril maupun materil bagi perjuangan buruh ini. Semoga bantuan yang telah diberikan mendapat balasan yang berlipat kali oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dan, percayalah, tidak ada perbuatan baik yang akan menjadi sia-sia. Salam Solidaritas,” tutur April Waruwu.
 
Aksi long march buruh Medan dimulai sejak Jumat 20 Januari 2017. Mereka long march ke Jakarta untuk menemui Presiden Jokowi dan jajaran pemerintah pusat untuk menuntut hak-hak mereka dipenuhi, menolak pengalihan buruh PT Pelindo I menjadi tenaga outsourcing
 
"Kami bekerja sudah 10 sampai 17 tahun, dalam UU dijelaskan bahwa buruh yang sudah tergabung di koperasi tidak boleh dipindahkan. Tuntutan lain kami minta Direktur Pelindo I dicopot," tegasnya.
 
Dirinya yakin  dalam waktu 1,5 bulan, para buruh pencari keadlian ini sudah sampai di Jakarta.  "Kami akan menjumpai Presiden, Bapak Jokowidodo dan menyampaikan aspirasi kami," sebutnya.
 
Belum setengah perjalanan yang mereka tempuh, masih banyak rintangan yang akan dihadapi. Lantas apakah 'keadilan di Indonesia tumpul keatas dan tajam kebawah' seperti kalimat yang familiar didengar? (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index