PLN-Waskita Bangun Jaringan 500 KV Sepanjang 1.400

160 Km Tol Listrik akan Melintasi Peranap-Perawang

160 Km Tol Listrik akan Melintasi Peranap-Perawang

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Dalam waktu dekat, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) segera membangun jaringan transmisi  kelistrikan sepanjang 500 kiloVolt (kV)dengan panjang 395 kilometer di Pulau Sumatera.

Penandatanganan Kontrak kerja sama pelaksanaan pekerjaan dilaksanakan di kantor pusat PT PLN Jakarta diwakili Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin bersama Direktur Waskita Karya Desi Arryani, Jumat (23/10/2015).

Penandatanganan ini juga merupakan salah satu wujud nyata sinergi antar BUMN dalam membangun proyek Infrastruktur.

Dalam penjelasannya selepas penandatanganan kesepakatan,Amir Rosidin mengatakan bahwa pembangunan transmisi listrik 500 kV Sumatra merupakan proyek fundamental karena merupakan proyek pertama transmisi 500 kV di pulau tersebut.

“Kami gambarkan pembangunan transmisi 500 kV ini seperti jalan tol. Dan ini tol yang sangat besar. Kontrak paket 1 dan 2 ini merupakan 30 persen dari jalan tol listrik yang akan dibangun. Mulai dari Muara Enim yang nanti akan berakhir di Langsa, totalnya sekitar 1.400 kilometer”, jelas Amir.

Pengerjaan pembangunan transmisi listrik 395 kilometer di Sumatera oleh Waskita Karya terdiri dari dua paket. Paket pertama pembangunan transmisi 500 kV dengan tower empat sirkuit dari New Aur Duri (Jambi) ke Peranap (Riau) dengan panjang transmisi 235 kilometer dan masa pembangunan selama tiga tahun.

Nilai kontak paket pertama itu sebesar Rp3,88 triliun. Kemudian, paket kedua berupa pembangunan transmisi 500 kV dengan tower empat sirkuit dari Peranap (Riau) ke Perawang (Riau) sepanjang 160 kilometer dengan masa pembangungan selama tiga tahun. Nilai kontrak paket kedua sebesar Rp2,83 triliun.

Masih pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Waskita Karya M. Choliq yang turut hadir dalam acara penandatanganan menyatakan kesiapan Waskita Karya dalam pelaksanaan pembangunan transmisi di Sumatera.(R01/i)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index