Temui Dewan, Kades se-Kuansing Minta Kenaikan Gaji

Temui Dewan, Kades se-Kuansing Minta Kenaikan Gaji
Suasana hearing
TELUK KUANTAN (RIAUSKY.COM) - Kepala Desa se-Kuantan Singingi mendatangi DPRD Kuansing. Salah satu aspirasi mereka mohon dukungan dewan untuk meningkatkan gaji dan tunjangan perangkat desa yang ada didaerah ini.
 
Aspirasi disampaikan ketua Forum Kades Kuansing, Emil Harda kepada ketua DPRD Kuansing, Andi Putra. Turut mendampingi  Andi Putra ketua Komisi A, Musliadi dan Ketua Komisi B, Rustam Efendi dan anggota dewan lainnya.
 
Kata Emil Harda, saat ini diseluruh Riau, Kuansing merupakan yang terendah dalam hal pemberian gaji dan tunjangan bagi perangkat desa. Untuk Kades misalnya, mereka baru menerima gaji sebesar Rp1,5 juta per bulan. Hal ini jauh dari upah minimum kabupaten dan provinsi. 
 
"Di Riau rata-rata sudah Rp2,2 juta per bulan ditambah tunjangan kesehatan dan beban kinerja. Tunjangan kesehatan wajib karena sudah diatur dalam UU. Ini belum ada di Kuansing," ujarnya.
 
Forum Kades meminta dewan membantu perjuangan mereka merealisasikan penganggaan dana desa dalam APBD sebesar 10 persen. Kalau diselaraskan dengan jumlah APBD maka jumlahnya sebesar Rp78 miliar.
 
Ketua DPRD, Andi Putra meminta rincian usulan pada Kades secara tertulis. Nanti akan dibahas bersama Pemkab saat pembahasan APBD 2017 bersama Pemkab sesuai kemampuan keuangan daerah. (R12)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index