Digelar Tanggal 8-13 Februari 2016

Himpunan Mahasiswa Biologi FKIP UR Gelar Pekan Raya Biologi 2016

Himpunan Mahasiswa Biologi FKIP UR Gelar Pekan Raya Biologi 2016
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pendidikan merupakan usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau kemajuan yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari begitu besarnya peran pendidikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 
 
Survei dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), terhadap kualitas pendidikan di negara-negara berkembang di Asia Pacific, Indonesia menempati peringkat 10 dari 14 negara. 
 
Beranjak dari alasan itulah, Ketua Pelaksana Pekan Raya Biologi 2016 ini, Ridho Safna mengatakan kalau kemudian Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau menggelar kegiatan Pekan Raya Biologi 2016 sebelumnya bernama Olimpiade Sains Biologi SMP – SMA Se-Riau. Dengan mengusung tema ?Kembangkan Pengetahuan dan Kreativitas Generasi Emas Masa Depan melalui Pekan Raya Biologi”. 
 
Pekan Raya Biologi merupakan salah satu sarana untuk berkompetisi secara sehat dalam bidang studi biologi. Tidak hanya menguji kemampuan kognitif namun juga mengasah keterampilan dan kreativitas peserta dalam bidang biologi melalui pelbagai cabang lomba yang diadakan.
 
Selain itu kegiatan ini katanya turut mendukung program pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan yang cerdas, inovatif dan berprestasi menuju tercapainya visi Riau 2020.
 
Nantinya, kegiatan Pekan Raya Biologi 2016 ini dilaksanakan pada tanggal 8-13 Februari 2016 di Kampus Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru.
 
Kegiatan Pekan Raya Biologi ini tidak hanya ditujukan untuk siswa/i tingkat SMP – SMA, namun juga untuk tingkat mahasiswa Se-Riau dan Kepulauan Riau baik dari jurusan pendidikan maupun non pendidikan.
 
Nantinya juga akan ada Seminar Nasional pada tanggal 8 Februari 2016 dengan tema menjadikan “Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan melalui Pemberdayaan Komunitas Belajar” sebagai temanya. 
 
Yang menjadi pemateri dalam seminar ini ialah Pemateri I Budayawan LAM Riau, Al Azhar; Pemateri II Perwakilan dari World Wildlife Fund Riau, Adi Purwoko, S.Pi; Pemateri III Pakar Pendidikan Lingkungan FKIP Universitas Riau, Dr. Hj. Yustina, M.Si dan Pemateri IV Kepala Sekolah SMAN 1 Pekanbaru, Dra. Wan Roswita, M.Pd. 
 
Adapun bentuk kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan nantinya seperti uji Kompetensi tertulis biologi, uji Kompetensi laboratorium biologi, cepat tepat, Bio Expo School Competition, perlombaan Mading 3 Dimensi, lomba melukis untuk tingkat SMP se-Riau dan Kepulauan Riau.
 
Sementara untuk tingkat SMA se-Riau dan Kepulauan Riau ada uji Kompetensi Tertulis Biologi, uji kompetensi Laboratorium Biologi, cepat tepat, Bio Expo School Competition, perlombaan Mading 3 Dimensi, Take Photo Best Moment PRB, lomba Karya Tulis Remaja.
 
Sedangkan untuk tingkat Mahasiswa akan ada lomba Karya Tulis Ilmiah Se-Riau dan Kepulauan Riau dan juga seminar Nasional. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index