Soal Penyakit Kaki Gajah, Diskes akan Ambil 300 Sampel Darah Warga Siak

Soal Penyakit Kaki Gajah, Diskes akan Ambil 300 Sampel Darah Warga Siak
Ilustrasi
SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Pada bulan September 2017 mendatang, Dinas Kesehatan Siak akan melakukan survei untuk pendekteksian kembali penyakit Filariasis atau lebih dikenal dengan penyakit kaki gajah. 
 
Diskes akan melakukan pengambilan sampel darah sebanyak 300 orang warga Negeri Istana.
 
Dua kampung yang akan menjadi pusat perhatian Diskes Siak yakni Kampung Harapan Kecamatan Sungai Apit dan Kampung Dosan di Kecamatan Pusako. Pasalnya, kedua kampung tersebut saat ini merupakan yang terbanyak masyarakatnya terkena penyakit yang disebabkan oleh cacing filaria tersebut.
 
“Sampai saat ini, kita sudah menangani 18 kasus penyakit kaki gajah, 14 diantara ada di dua desa tersebut,” kata Kepala Diskes, Toni Chandra melalui Kabid Pengendalian Penyakit Menular Marzuki kemarin.
 
Kata Marzuki, jika pengobatan yang dilakukan selama 5 tahun ini tidak ada perubahan, maka pihak Depertemen Kesehatan akan mengulangi pengobatan.
 
“Jika nanti petugas masih menemukan penyakit itu lagi, maka pengobatan kita selama ini gagal dan diulang kembali,” kata Marzuki.
 
“Kami (Diskes) akan kembali turun ke lapangan melanjutkan program pengecekan warga pada September 2017 ini untuk melakukan pengambilan sampel darah pada sebanyak 300 orang di masing-masing lokasi penderita,” kata Marzuki.
 
Kata Marzuki, petugas nantinya akan mengambil sampel darah masyarakat mulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB, karena waktu itu cacing Nemtoda akan keluar dipermukaan kulit bagi si pengidap penyakit kaki gajah.
 
Marzuki menerangkan, petugas nantinya akan melakukan pengecekan darah dengan empat tahapan. Yakni melalui Puskesmas, kemudian Labkesda Provinsi, Dinas Kesehatan Provinsi, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Batam dan yang terakhir ke Depkes. “Hasilnya paling lama satu bulan baru keluar,” pugkasnya. (R08/Isc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index