Pemadaman Listrik Bergilir di Riau

Kemaren Karena Kemarau dan Asap, Kini Gara-gara Keramba Ikan

Kemaren Karena Kemarau dan Asap, Kini Gara-gara Keramba Ikan
Keramba ikan yang ada di waduk PLTA Koto Panjang

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - PLN sepertinya tak kehabisan akal untuk berkelit dari ketidakmampuan untuk mengatasi persoalan krisis listrik di Riau saat ini yang sudah sangat mengkhawatirkan.
 
Kalau sebelumnya PLN beralasan karena musim kemarau dan asap yang melanda Riau, namun setelah masuk musim hujan dan asap menghilang, kini giliran keramba ikan yang ada di danau PLTA Koto Panjang yang jadi 'kambing hitam'.
 
PLN beralasan, makin banyaknya keramba ikan di daerah tersebut dinilai sangat mengganggu karena akan menciptkan sedimentasi dari sisa pakan dan limbah kerambah. Benarkah?
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Asisten Manager Operasional dan Pemeliharaan PLTA Koto Panjang, Syahmin Siregar Kamis (5/11). "Aktivitas keramba dikhawatirkan akan membuat waduk kotor dan mengganggu operasional produksi listrik PLTA," terang Syamin.
 
Ia pun menghimbau agar seluruh pemilik keramba untuk menggeser aktivitas ke arah hulu. Tentunya agar sisa pakan tidak mengganggu operasional pembangkit listrik.
 
Sebagai catatan, saat ini pemadaman bergilir di Riau sudah sangat meresahkan, namun hingga saat ini belum terlihat ada upaya nyata dari PLN maupun Pemda untuk mengatasi masalah tersebut. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index