SABAR YA...Stok Blanko KTP-el di Rohul Masih Kosong

SABAR YA...Stok Blanko KTP-el di Rohul Masih Kosong
Ilustrasi
PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tidak bisa melayani pencetakan KTP-elektronik. Dikarenakan, stok blangko Fisik KTP-el telah habis. 
 
Sehingga masyarakat yang KTP-el rusak, maupun yang telah melakukan perekaman KTP-el (datanya belum tunggal) maupun yang telah melakukan perekaman KTP-el (data tunggal) yang dibersihkan secara online oleh Kemendagri Republik Indonesia tidak bisa dilayani untuk mencetak fisik KTP.
 
"Masyarakat yang mengurus KTP-el tetak kita layani. Tapi untuk pencetakan fisik KTP-el tidak bisa dilakukan. Karena blangko KTP-el habis. Sehingga Disdukcapil Rohul menerbitkan Surat Keterangan (Suket) KTP sementara kepada masyarakat yang membutuhkan Adminduk tersebut, ungkap Kepala Disdukcapil Rohul H Irpan Rido SSos dikonfirmasi.
 
Penerbitan Suket KTP sementara itu, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 471.13/10231/dukcapil, tertanggal 29 September 2016, tentang surat Keterangan KTP Sementara bersama dengan format aplikasi KTP sementara secara online.
 
Diakuinya, jatah blangko fisik KTP-el yang didistribusikan Pusat ke Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 10 ribu. Dari jumlah tersebut, saat ini stok fisik blanko KTP-el sudah habis. Seiring meningkatnya pelayanan adminduk, pasca libur dan cuti Hari Raya Idul Fitri 1438 H lalu.
 
Kendati demikian, lanjutnya, Disdukcapil Rohul tetap melayani masyarakat yang mengurus aadminduk khususnya warga yang telah melakukan perekaman KTP-el (data tunggal), untuk diterbitkan Suket KTP sementara.
 
Disinggung upaya Disdukcapil Rohul dalam mendapatkan blangko KTP-el tambahan ke Pusat, Khairul mengaku, Disdukcapil Rohul telah melayangkan surat ke Kemendagri RI melalui Pemerintah Provinsi Riau untuk mendistribusikan tambahan blangko Fisik KTP-el.
 
"Kita masih menunggu informasi dari Kemendagri. Bila blangko KTP-el sudah tersedia, kita akan jemput langsung ke Jakarta. Karena penerimaan blangko KTPel harus ada, serah terima barang dan penandatangan berita acara dari Pusat ke daerah," jelasnya.
 
Dia berharap, pekan depan, adanya kepastian Blangko fisik KTP-el tambahan yang diminta ke Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri RI. Irwan menambahkan, Disdukcapil Rohul telah mengeluarkan dua kategori Suket KTP sementara, diantara Suket bagi warga yang telah melakukan melakukan perekaman, tapil belum bisa cetak KTP-el karena datanya belum online. Selanjut, Suket bagi warga yang mengganti KTP-el.
 
"Dari jumlah Suket KTP Sementara yang telah diterbitkan Disdukcapil Rohul itu, secara umum untuk KTP Formula, ada yang hilang, rusak serta warga yang selesai melakukan perekaman," ujarnya. (R11/Mc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index