Biayai Pembangunan, Pemerintah Kampar Upayakan Peningkatan PAD

Biayai Pembangunan, Pemerintah Kampar Upayakan Peningkatan PAD
Azis Zaenal
BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Kampar berupaya  meningkatkan  target Pendapatan Asli Daerah (PAD)  dari tahun ke tahun. Pasalnya PAD ini merupakan salah satu sumber pendapatan  daerah disamping adanya sumber lain seperti dana perimbangan dan pendapatan lain-lain yang sah. Demikian juga pada  tahun anggaran  2018 mendatang, Pemerintah Daerah juga akan berupaya meningkatkan  PAD Kabupaten Kampar.
 
Demikian terungkap dalam rapat pembahasan target PAD Kabupaten Kampar  Tahun 2018 yang digelar di aula Bappeda Kabupaten Kampar, Jumat (4/8). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Kampar H. Azis Zaenal, SH, MM.
 
Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, SH, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, MSi, Kepala Badan Pendapatan Daerah Ir. Hj. Kholidah, MM, Plt Kepala Badan Pengelolaan Kuangan dan Aset Edwar, beserta Kepala  OPD terkait.   
 
Ada 18 OPD (Dinas, Badan, Bagian) di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Kampar yang menghasilkan PAD. Diantaranya, Dinas Kesehatan, RSUD Bangkinang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas  Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu  Satu Pintu (PMPTSP), Dinas Perhubungan, Dinas Infokom dan Persandian, Dinas Pariwisata,   Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Dinas Perkebunan Peternakan dan Keswan, Badan Pendapatan Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Bagian Umum dan Perlengkapan,  Bagian Perekonomian.
 
Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pembahasan PAD ini sangat penting karena PAD ini menjadi ujung tombak Pendapatan Daerah Kabupaten Kampar. Apalagi Pendapatan Daerah  yang setiap tahun cenderung menurun.  Salah satu upaya  yang dilakukan  untuk meningkatkan Pendapatan Daerah adalah dengan menggali atau meningkatkan PAD.
 
Bupati Kampar Azis Zaenal menyampaikan bahwa Kepala OPD harus punya inovasi dan kreasi dalam upaya meningkatkan PAD. Namun demikian Bupati mengingatkan dalam meningkatkan PAD, jangan sampai  mengabaikan pelayanan. “Kita bukan perusahaan yang mengejar profit, tapi kita tetap mengutamakan pelayanan kepada masyarakat (public service oriented),” ingatnya.
 
Ia optimis apa yang menjadi target pada tahun 2018, akan tercapai. Oleh sebab itu Kepala OPD dan jajarannya harus serius dalam menggali PAD ini dan  selalu menjaga kekompakan. Seluruh Kepala OPD juga  diingatkan untuk membuat kertas kerja  sehingga proses-proses pencapaian itu nampak.
 
Bupati  juga mengingatkan bahwa keberhasilan pembangunan  di Kabupaten Kampar akan ditentukan oleh tertib perencanaan, tertib pelaksanaan dan  tertib dalam pengawasan. Oleh sebab itu ia mengajak semua OPD  untuk selalu tertib dengan aturan-aturan yang ada. (R-04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index