MANTAP... Pengunjung Senang, Kini Akses Jalan ke Candi Muara Takus Sudah Mulus

MANTAP... Pengunjung Senang, Kini Akses Jalan ke Candi Muara Takus Sudah Mulus

XIII KOTO KAMPAR (RIAUSKY.COM) - Masyarakat atau wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi Muara Takus yang terletak di Kecamatan XIII Koto Kampar, saat ini pasti merasa senang.

Sebab akses jalan menuju Candi Muara Takus dari arah Kelurahan Batu Bersurat menuju candi sudah mulus dan bagus.

Di ruas jalan provinsi ini nyaris tak ada lagi titik kerusakan sebagaimana yang terlihat dalam beberapa tahun terakhir. Perbaikan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Riau sejak setahun lalu telah dilanjutkan kembali pada tahun ini.

Jika tahun lalu perbaikan hanya sampai di Desa Binamang, namun tahun ini telah dilanjutkan ke Desa Pongkai Istiqomah, Desa Koto Tuo hingga Desa Muara Takus.

Jalan tampak mulus. Begitu juga beberapa Box culvert juga diganti dengan yang baru seperti yang terdapat di Desa Pongkai Istiqomah, Koto Tuo. Hanya satu boc culvert yang masih tampak dalam pengerjaan yaitu Box culvert yang terdapat di perbatasan Desa Koto Tuo dengan Muara Takus.

Salah seorang pengunjung dari Pekanbaru, Novi Andriani (29)mengaku senang karena kondisi jalan sudah enak dilalui.

"Sebelumnya jalan ke sini parah banget bang, sekarang asiklah, pokoknya pengunjung pasti senang dan akan datang berulang kali," kata Novi seperti dimuat suarakampar.com.

Ia juga menyebutkan, objek wisata Candi Muara Takus pun juga tampak sedikit berbenah sebab di pintu masuk sudah ada tulisan besar "Candi Muara Takus" yang membuat pengunjung menhadi tertarik mengabadikan lokasi itu dengan kamera.

Di dalam areal candi juga tampak semakin bersih. Ada beberapa tambahan fasilitas untuk anak-anak bermain. Keadaan toilet dan musalah juga tampak bersih dan rapi.

Hanya saja ia berharap ada tambahan wahana permainan lain sehingga orang datang ke candi yang sudah dikenal di saentro dunia ini tidak hanya sekedar melihat candinya saja tapi bisa menghabiskan waktu dengan aneka wahana permainan.

Sementara itu, salah seorang juru pelihara candi Aidil Fitra kepada suarakampar.com saat ditemui di pintu masuk Candi Muara Takus mengatakan, ada pengaruh perbaikan jalan provinsi dari Batu Bersurat ke Muara Takus.

Pengunjung mengaku makin senang bisa dengan mudah sampai di candi sebab jalan sudah bagus dan mudah dilalui. Jumlah pengunjung ke candi semakin meningkat.

"Siang tadi ada ratusan pengunjung dari UNRI, mereka datang dengan beberapa bus, hari libur cukup ramailah," beber Aidil didampingi juru pelihara lainnya Putra Mahligai.

Ia mengaku, petugas juga meningkatkan kebersihan dan kerapian di Objek Wisata kebanggaan Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau ini. Ada beberapa tempat pembuangan sampah dibuat.

"Ini dari uang yang dikutip dari pengunjung," kata Aidil. (R10/Skc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index