Diguyur Hujan, Ratusan Rumah Warga di Rohul Terendam Banjir

Diguyur Hujan, Ratusan Rumah Warga di Rohul Terendam Banjir
banjir rohul(internet)
PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Hujan yang menguyur Rohul beberapa hari terakhir membuat air beberapa sungai di negeri suluk meluap. Hal ini mengakibatkan banjir mulai merendam ratusan rumah di kabupaten Rokan Hulu Selasa (17/11/2015). 
 
Menurt Adi warga Kecamatan Rambah mengatakan banjir hari ini mulai merendam rumah mereka sejak Selasa pagi sekitar pukul 06.00 WIB. "Air datangnya perlahan. Dan jam 9 pagi ini mulai tinggi," ujarnya. 
 
Camat Rambah, Arie Gunadi, di lokasi banjir, memperkirakan ratusan rumah warganya di lima desa yang terendam banjir.
 
Diantaranya  Desa Rambah Tengah Hulu sekitar 174 rumah terendam, Pematang Berangan 79 rumah, Tanjung Belit 30 rumah. Namun rumah yang terendam di Desa Babussalam dan Kelurahan Pasirpangaraian belum terdata oleh pihak kecamatan.
 
"Paket Sembako yang sudah disalurkan baru di Pawan (Desa Rambah Tengah Hulu)," jelas Arie Gunadi.
 
Sementara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul Aceng Herdiana mengungkapkan bencana banjir bukan hanya melanda lima desa di Kecamatan Rambah. Beberapa kecamatan juga mulai terendam akibat meluapnya anak sungai.
 
"Rumah warga Desa Aliantan Kecamatan Kabun juga terendam jam 9 pagi. Banjir ini akibat meluapnya Sungai Aliantan," jelasnya.
 
Aceng mengakui BPBD Rohul belum menerima laporan berapa rumah warga yang terendam, sebab anggotanya masih di lapangan.
 
"Bantuan logistik di Pawan sudah diturunkan, kemudian di Aliantan dan desa lain akan kita koordinasikan ke Dinas Sosial," kata Aceng dan mengakui pada hari ini pihaknya baru mengajukan ke pimpinan untuk menetapkan status bencana banjir.
 
"Rencana hari ini juga BPBD (Rohul) akan mendirikan Posko bersama di Gedung PMI, sekaligus dapur umum," pungkas Aceng kepada riauterkinicom saat dihubungi. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index