Ke Surabaya, Diskominfo Riau Kunjungi Jatim Newsroom

Ke Surabaya, Diskominfo Riau Kunjungi Jatim Newsroom

 

SURABAYA (RIAUSKY.COM) - Dinaas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Riau sebelum mengikuti kegiatan Bakohumas dan Komunitas Expo 2015 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia  yang dilangsungkan di Dyandra Convention Center Kota Surabaya Jawa Timur.
 
Diskominfo Riau menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Jatim Newsroom Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi JawabTimur Jalan Jenderal Ahmad Yani Surabaya, Senin (16/11).
 
Kedatangan Tim dari Diskominfo Riau diterima langsung oleh Kepala Bidang Diseminasi Informasi Diskominfo Jatim Sri Hardriyanti yang didampingi Redaktur Jatim Newsroom Putu Darmawan.
 
Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Media Center Dinas Kominfo Riau, Mastar Mahad mengatakan Jawa Timur cukup dikenal sebagai provinsi dengan pengelolaan Newsroom terbaik. Untuk itu, pihaknya melakukan kunjungan agar dapat mengetahui lebih detil sistem kerja dan produk yang dihasilkan oleh Diskominfo Jawa Timur.
 
“Media Center Jawa Timur dibawah Dinas Kominfo ini sudah sangat tertata. Baik dari sisi pembagian kerja, sejumlah produk media hingga ruangan kerja yang sangat memadai,”kata Mastar.
Melalui kunjungan ini, Ia berharap dapat menerapkan sistem pengelolaan Newsroom yang telah diterapkan di Diskominfo Jatim.
 
Mastar mengungkapkan,sebetulnya di Riau juga telah memiliki tenaga wartawan dan mengupdate berita sejumlah berita.
Namun,hal itu masih belum tertata dengan baik dan perlu ditingkatkan, terutama mengenai rencana penerbitan majalah.
 
Kepala Bidang Diseminasi Informasi Diskominfo Jatim, Sri Hardriyanti didampingi Redaktur Jatim Newsroom, Putut Darmawan mengatakan,pihaknya saat ini mengelola beberapa media diantaranya dua media online yaitu www.kominfo.jatimprov.go.id dan www.jatimprov.go.id, satu media cetak Majalah Potensi dan media televisi Ajang Wadul bekerjasama dengan TVRI Jatim.
 
“Kita memiliki kekuatan sebanyak 21 orang terdiri dari tenaga reporter, redaktur, desainer  dan photographer. Seluruh berita yang muncul setiap harinya di website berasal dari berbagai SKPD dan lembaga lainnya,” terangnya.
 
Sementara itu, Redaktur Jatim Newsroom, Putut Darmawan mengatakan,setiap harinya berita yang diupdate minimal25 berita, masing-masing reporter mengirimkan 2 berita. 
 
Terkait deadline terakhir, reporter dibatasi mengirimkan berita pukul 15.00 untuk acara yang dilaksanakan pagi hingga siang. Sementara acara sore hingga malam terakhir sudah harus dikirimkan pukul 21.00.
 
“Ada reward dan punishment. Jika berprestasi pasti diberi hadiah. Sebaliknya apabila tidak menjalankan tugas dengan baik kita juga siapkan sanksinya,” tegasnya. (MCR/R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index