Pembebasan Lahan Rampung 2017

Desember, Ground Breaking Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Dimulai

Desember, Ground Breaking Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Dimulai
Ilustrasi

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bersama Dirjend Bina Marga serta Hutama Karya rapat bahas jalan Tol Pekanbaru-Dumai.
 
"Diperkirakan pertengahan Desember nanti ground breaking sudah mulai dilaksanaka," ujar Dirjend Bina Marga Kementerian PU, Hedijanti W Husaini, didampingi Dirut Hutama Karya Igusti Putra. Turut hadir juga Asisten I Ahmadsyah Harofie, Kadishub Rahmad Rahim, Kadis Bina Marga Syafril Tamun di ruang rapat gubernur, Selasa (17/11). 
 
"Kita fokus membahas persiapan ground breaking jalan tol Pekanbaru-Dumai. Target kita pertengahan Desember sudah dimulai," kata Dirjend Bina Marga Kementerian PU, Hedijanti W Husaini. 
 
Dijelaskan Dirjend, dari 129 kilo meter (km) total panjang rencana pembangunan jalan tol tersebut sudah ada 19 km yang sudah dibebaskan. Selain itu, diperkirakan dalam seminggu ke depan seluruh alat berat juga sudah mulai didatangkan ke Riau. 
 
Ada pun lokasi grounbreaking sendiri akan disiapkan di tiga titik. Yakni, kawasan dekat Muara Fajar Pekanbaru, Kandis dekat perkebunan Bina Fitri Atau dekat kawasan perkebunan Ivo Mas. 
 
Namun dimana kepastian ground breaking menurut Dirjen Bina Marga akan diusulkan ke Presiden Joko Widodo. "Kalau lokasi kita cuma mengusulkan, nanti biar pak presiden yang menentukan lokasinya.***(mok) 
 
2017, Pembebasan Lahan Rampung
"Sebelumnya terkendala asap, sekarang asap sudah hilang sehingga pak Jokowi menginstruksikan untuk percepatan pembangunan tol Pekanbaru-Dumai," paparnya.
 
Saat ini pembangunan tol di Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Lampung sudah mulai berjalan. Sementara pembangunan tol Pekanbaru-Dumai akan segera digesa pada Desember 2015 dengan anggaran Rp15 triliun.
 
"Pembebasan lahan direncanakan selesai pada awal tahun 2017. Namun kemungkinan besar dapat kami selesaikan lebih cepat dari perencanaan," ungkapnya.
 
Tol Pekanbaru-Dumai akan dibangun sepanjang 129 kilometer, sementara pembebasan lahan yang telah diselesaikan barulah 19 kilometer. Proyek pembangunan tol Pekanbaru-Dumai ini pun telah dipercayakan kepada PT Hutama Karya. (RTC/GRC/R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index