Petani Desak Pemkab Rohul Realisasikan Normalisasi Harga Karet

Petani Desak Pemkab Rohul Realisasikan Normalisasi Harga Karet
petani karet(internet)
PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Upaya pemerintah daerah untuk menjaga kestabilan harga jual karet petani dengan mengeluarkan kebijakan normalisasi harga karet petani, belum terealisasi.  Hingga saat ini langkah-langkah yang dilakukan Satuan Kerja (Satker) terkait belum dirasakan dampaknya pada petani.
 
Bahkan harga jual karet petani dalam enam bulan terakhir anjlok atau dibawah dari harga standar.Sehingga petani sangat mengharapkan kebijakan  menstabilkan harga jual karet petani benar-benar diterapkan.
 
Harapan itu disampaikan salah seorang Petani Karet Desa Rambah Tengah Utara.
‘’Petani menunggu langkah  Pemkab Rohul untuk meningkatkan kualitas hasil produksi karet petani dan menormalkan harga jual karet.Karena penurunan harga jual karet saat ini sangat dikeluhkan petani, terutama di tengah melambungnya harga jual barang kebutuhan sehari-hari saat ini,’’ujarnya.
 
Petani tidak tau penyebab turunnya harga jual karet.  Terlebih lagi dengan memasuki musim penghujan yang terjadi saat ini, lanjutnya, petani tidak bisa menderes karetnya.Karena pohon karet yang dideres, getahnya itu akan habis dibawa air hujan.
  
’’Kita minta pemerintah daerah dapat mencari solusi untuk menjaga stabilitas harga, sehingga penurunan harga karet tidak terlalu membebani perekonomian para petani,’’tuturnya
Dia mengaku, perhatian pemerintah terhadap petani karet sangat kurang, dibandingkan dengan petani sawit yang harga jual tandan buah segar (TBS) ditetapkan berdasarkan Peraturan Gubernur Riau.
 
’’Belum ada tindakan pemerintah untuk menetralisir harga karet ditingkat petani, kondisinya sudah sangat parah sekarang ini.Belum lagi kebutuhan anak sekolah dan rumah tangga yang harus dipenuhi.’’tuturnya.
 
Harga jual karet yang dibeli tauke, sekitar Rp5.500 per kilogram, sedangkan harga jual karet yang dijual ke kelompok tani seharga Rp6.500 per kilogram.’’Pada tahun ini, harga jual karet masih dibawah harga Rp10 ribu.Ya kita harapkan harga jual karet petani kedepan bisa mencapai belasan ribu perkilogram,’’sebutnya.(R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index