Pasca Sweeping Kongres HMI di Pekanbaru

Ini Kesepakatan Pemuda Riau dan Panitia di Hotel Green

Ini Kesepakatan Pemuda Riau dan Panitia di Hotel Green
 
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Selama beberapa jam terjadi sweeping dan debat, akhirnya Pemuda Riau yang berasal dari sejumlah kampus dan Asykar Theking akhirnya membuat kesepakatan terkait pelaksanaan kongres HMI di Pekanbaru. 
 
Dalam penjelasannya, Panitia lokal, melalui Ketuanya, Ahmad mengakui  kalau mereka kecolongan dengan kehadiran massa yang terkesan tiba-tiba dan dalam jumlah yang cukup banyak tersebut. ''Mereka datang di luar rencana, sehingga kami kesulitan untuk mencarikan penginapan pada saat itu,'' ungkap Ahmad.
 
Disamping itu, dia juga mengakui kalau panitia kecolongan manakala para tamu kongres yang umumnya berasal dari Makassar itu melakukan aksi kerusuhan di luar arena kongres sehingga menimbulkan kerusakan terhadap fasilitas umum dan mengganggu ketenangan masyarakat pengguna jalan karena melakukan aksi di badan jalan. 
 
''Kami berusaha ke depan, tidak akan ada lagi peristiwa seperti ini dan akan mengawal proses pelaksanaan Kongres secara baik, aman dan lancar,''sebut dia. 
 
Ratusan massa mahasiswa dari berbagai kampus dan Asykar Theking malam tadi melakukan sweeping ke Hotel Green Pekanbaru di jalan Arifin Ahmad. Mereka menuntut tanggung jawab panitia terkait aksi kerusuhan yang terjadi di Pekanbaru yang membuat resah masyarakat Riau. 
 
Mereka menyisir sejumlah tempat, seperti Gelanggang Remaja di Jalan Sudirman dan Hotel Green yang menjadi posko panitia kongres.
 
''Kami minta, tidak ada lagi peristiwa kerusuhan seperti kemarin, apalagi sampai membawa senjata tajam dan senjata api. Tolong panitia menjaga ketertiban peserta kongres, sehingga tidak mengusik ketenteraman warga. Kami minta garansi dari panitia,''ucap wakil pemuda, Ade Arnas.
 
Pihaknya tidak peduli, apakah itu sebagai sebuah skenario atau aksi spontanitas, yang pasti, menurut Ade, tidak layak bila masyarakat Riau telah memberikan tempat untuk pelaksanaan Kongres HMI, namun dicederai dengan aksi-aksi brutal yang mengganggu ketentraman umum.
 
Selepas melakukan pertemuan dan menemukan kata sepakat, akhirnya rombongan Pemuda Riau memutuskan meninggalkan Hotel Green dengan cara membubarkan diri secara tertib.(R04) 
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index