Sudah Ajukan Tiga Nama ke Kemendagri, Mungkinkah Pejabat ini Jadi Plt. Bupati Inhil?

Sudah Ajukan Tiga Nama ke Kemendagri, Mungkinkah Pejabat ini Jadi Plt. Bupati Inhil?
Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyatakan telah menunjuk tiga nama sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir.

Dari tiga nama tersebut, salah satunya diperkirakan adalah Fahmizal Usman merupakan putra daerah Inhil.

Sayangnya saat hal tersebut dikonfirmasi ulang kepada Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, dia tidak secara spesifik menyebutkan nama-nama dimaksud  yang akan menggantikan kekosongan pejabat di Inhil ketika pelaksanaan Pemulihan bupati. 

''Bupati dan wakil bupati Inhil keduanya mencalonkan diri untuk Pilkada Inhil Juni 2018 yang akan datang. Otomatis pemerintah perlu menunjuk pejabat pelaksana agar pemerintahan tetap terselenggara. Kita sudah proses dan tinggal menunggu keputusannya saja, sudah ada tiga nama,'' ungkap Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman beberapa waktu lalu. 

"Tiga calon Pj Bupati Inhil sudah kita usulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan saat ini masih dalam proses,"  sebut dia.
   
Andi sendiri tidak membuka nama untuk calon yang sudah diajukan. Namun, dia menyebutkan nama yang diajukan sesuai dengan yang diusulkan. Ketiganya berasl dari pejabat tinggi pratama di Pemprov Riau.

Hanya saja, mengacu pada pelaksanaan Pilkada serentak sebelumnya, calon pelaksana tugas bupati atau wali kota yang akan ditunjuk biasanya mempriritaskan pejabat  tinggi pratama yang berasal dari daerah bersangkutan. 

Bila mempertimbangkan hal tersebut, Fahmizal Usman menjadi salah satu kandidat yang berpotensi untuk menduduki posisi pelaksana tugas Bupati Inhil.

Sesuai aturan pelaksanaan pemilihan kepala daerah, incumbent diwajibkan mengajukan cuti selama proses Pilkada berlangsung dan jabatan tersebut otomatis kembali setelah selesainya proses Pilkada.(R04)  


 

Listrik Indonesia

#Indragiri Hilir

Index

Berita Lainnya

Index