Menkes dan Menperin Dijadwalkan Hadiri Kongres IAI XX di Labersa-Kampar

Menkes dan Menperin Dijadwalkan Hadiri Kongres IAI XX di Labersa-Kampar

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) segera melaksanakan kongres ke XX, pada Kamis 19 April nanti. Kongres yang dijadwalkan digelar di Labersa di Grand Hotel and Convenstiions Center, Kampar ini dibuka Menteri Kesehatan RI Nilla F Moelok.

Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartato diagendakan juga akan hadir, menjadi pembicara beserta praktisi farmasi. Ada pun bersempena kegiatan ini, dilaksanakan juga pertemuan tahunan ilmiah para farmasi.

"Pelaksanaan konggres IAI diadakan sedikitnya sekali dalam empat tahun, peling lambat dilaksanakan tiga bulan setelah masa jabatan pengurus berakhir. Mengacu hasil kongres nasional XIX IAI pada 21-23 Februari 2014, di Jakarta lalu. Kongresnya sudah ditetapkan pada Kamis 19 April mendatang," kata Ketua Umum PP IAI, Nurul Falah Eddy Pariang, didampingi Bendahara PP IAI, Ellen Wijaya serta Kadis Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir, di Hotel Labersa, Sabtu (14/4/18).

Menurut Nurul, capaian yang ingin dihasilkan pada penyelenggaraan kongres ini, yakni sebagai pedoman umum organisasi sebagai acuan bagi pengurus periode berikutnya selama empat tahun ke depan.Kemudian penetapan pimpinan organisasi ditingkat pusat untuk masa bakti 2018-2022. Meningkatnya wawasan dan kompetensi apoteker dalam menjalankan praktik kefarmasian. 

Selain itu, diharapkan terjalinnya kerja sama yang baik antara apoteker dengan para pemangku kepentingan dalam rangka peningkatan kompetens apoteker.Ada pun tema kongres ke XX dan PIT IAI 2018 adalah trusted pharmacist fot a better quality of life. Tema ini diambil mengingat semakin tingginya tuntutan bagi apoteker untuk memenuhi standar kompetensi dan moral yang lebih baik dalam memberikan pelayanan.

"Kepercayaan pasien terhadap apoteker ini hanya dapat bertahan bila para apoteker menjaga kompetensi mereka sesuai harapan pasien. Apoteker harus berupaya mendekatkan pelayanan mereka kepada masyarakat," ujar Nurul lagi.

Sementara Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir menyatakan dukungannya atas penyelenggaraan kongres IAI dan perteman tahunan ilmiah para farmasi ini di Riau ini.Mimi juga mengajak, khususnya kepada para farmasi di Riau untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan wawasan. 

Ditunjukanya Riau sebagai tuan rumah, kemungkinan hanya akan bisa dirasakan 34 tahun lagi, mengingat kongres IAI dan pertemua ilmiah ini dilaksanakan secara bergiliran disetiap provinsi."Ini kesempatan kita untuk menambah wawasan. Saya harap kesempatan ini jangan dilewatkan," ujar Mimi lagi. (R07/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index