IZI Riau Launching Program IZI to Smart

IZI Riau Launching Program IZI to Smart

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Ahad (22/04/2018) IZI Riau melaksanakan launching program IZI to Smart ke sejumlah pelajar SMP yang ada di Riau. Launching program ini dilaksanakan di Aula Dinas Sosial Provinsi Riau pada pukul 09.00 pagi. 

Sebanyak lebih kurang 20 pelajar Riau SMP mendapatkan bantuan beasiswa dari program IZI to Smart ini. Selain itu pula, program ini juga mengundang orang tua wali penerima manfaat program beasiswa. Program beasiswa ini diberikan kepada pelajar SMP dhuafa yang tersebar di wilayah Riau. Penerima manfaat program beasiswa ini berasal dari SMPIT Bunaya, SMPIT FIS (Future Islamic School) dan SMP YLPI. 

Program beasiswa pelajar SMP IZI to Smart ini baru pertama kali dilaksanakan di Riau. Program ini merupakan bantuan pendidikan biaya sekolah selama 1 tahun yang diberikan sejumlah biaya pendidikan Rp.125.000/bulan. 

Selain program bantuan pendidikan, program unggulan yang diberikan dalam program beasiswa IZI to SMART  ini adalah program pembinaan dan pendampingan. Program pembinaan ini berupa pembinaan karakter untuk membentuk akhlak yang berakhalakkul karimah, dekat dengan Alqur’an dengan hapalan alqur’an, kemampuan berbahasa inggris dan memiliki skill dan kemampuan yang bermanfaat. Setiap anak akan dibina dalam kelompok oleh 2 orang pendamping sebagai penagajar yang akan memberikan pembinaan dan pendampingan tersebut. 

Dalam launching program ini, orang tua penerima manfaat juga diberikan seminar parenting orang tua mengenai “peran orang tua dan pengajar dalam membangun karakter remaja beriman dan berprestasi di era zaman now.” Seminar ini disampaikan oleh Ns. Ari Pristiani,M.Kep khusus mendalami penelitian tentang remaja di Pekanbaru. 

Dalam seminar parenting ini, orang tua sangat aktif berdiskusi bersama pemateri untuk berkonsultasi tentang anak-anak mereka. Selain seminar yang diberikan kepada orang tua, seminar juga diberikan kepada penerima manfaat Beasiswa IZI to SMART. Seminar yang diberikan berupa seminar MHMMD yaitu seminar Mengelola Hidup dan Merancang Masa Depan. 

Seminar ini diberikan oleh Sumarna yang merupakan Manajer Program Initiative for Children dari PKPU human initiative. Setiap anak diberikan pelatihan bagaimana mengelola hidup untuk masa depan. Setiap anak tampak antusias mengikuti program seminar  yang diberikan hingga selesai.

Program ini juga mengundang dinas dari pemerintahan yaitu dari Dinas Pendidikan Kota pekanbaru. Nurbaeti perwakilan dari Dinas Pendidikan dalam kata sambutannya mengatakan dukungannya terhadap program beasiswa yang diberikan oleh IZI Riau “program ini sangat membantu dalam segala sisi aspek, beasiswa seperti ini saya harap bisa berlangsung dalam jangka panjang dan  bisa menjangkau penerima manfaat lainnya". 

Adin sebagai Kepala Cabang IZI Riau mengatakan program IZI to smart merupakan tanggung jawab  IZI atas sejumlah zakat yang diamanahkan oleh donatur kepada IZI, dengan program ini, semoga anak-anak bisa membantu memenuhi biaya hidupnya melalui penyaluran beasiswa rutin perbulan dan bisa membantu anak-anak belajar lebih baik, hingga akhirnya saat mereka dewasa mereka mampu menjadi orang yang sukses dan bisa membantu orang lain seperti ia terbantu dulunya. 

Orang tua walimurid dan penerima manfaat antusias mengikuti program beasiswa ini dari awal hingga selesai. “Terima kasih banyak IZI Riau yang telah memberikan bantuan beasiswa ini kepada saya, semoga saya bisa menjadi lebih rajin dan soleh dalam belajar sehari-hari.”ucap Levya salah satu penerima manfaat program. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index