Dimulai Pukul 03.00 Dinihari

Tak Pakai Kursi, Peserta Kongres HMI Terpaksa Duduk di Lantai

Tak Pakai Kursi, Peserta Kongres HMI Terpaksa Duduk di Lantai
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kongres HMI akhirnya dimulai pukul 03.00 WIB dinihari tadi. Sidang yang merupakan pleno ketiga  dilaksanakan dengan mengambil tema bahasan Strategi Kebudayan HMI untuk Indonesia Berkedaulatan.
 
Tak hanya jauh molor dari jadwal semula, kongres ini juga terkesan berbeda dari sebelumnya. Bila sebelumnya, seluruh peserta kongres duduk diatas kursi, maka dinihari tadi, seluruh peserta kongres duduk melantai dengan beralasan karpet lantai berwarna merah. Sementara pimpinan sidang pleno yang terdiri dari sembilan unsur pimpinan Badko HMI dari beberapa daerah  duduk di meja hijau.
 
Tidak diketahui persis apa yang melatari situasi tersebut, karena, tidak seorang pun pihak luar yangdiperkenankan masuk ke arena Kongres tersebut. Namun, diperkirakan kebijakan tersebut dilaksanakan sebagai upaya panitia untuk menghindari kericuhan yang sempat terjadi pada pleno sebelumnya, dimana peserta saling terlibat lembar-lemparan kursi dan meja sehingga menimbulkan banyak kerusakan terhadap atribut Gelanggang Remaja Pekanbaru.  
 
Hingga akhir berita ini diturunkan, sidang pleno III masih berlangsung. Para peserta yng jumlahnya berkisar 200 orang tersebut terlihat masih melakukan pembahasan hasil-hasil sidang komisi dan menetapkan hasil sidang komisi yang akan dijadikan sebagai rekomendasi kongres. 
 
Sebelumnya pembahasan tentang item ini sempat tertunda dikarenakan kericuhan di dalam arena kongres yang berujung pada dihentikannya pelaksanaan sidang pleno.
 
Muhammad Sahal, salah seorang senior HMI Pekanbaru di arena kongres HMI menyebutkan hal tersebut adalah strategi HMI. Pihaknya juga tidak bisa memastikan apakah dengan situasu yang terjadi di dalam ruangan kongres akan bisa selesai sesuai dengan apa yang sudah disepakati atau tidak. 
 
''Saya juga tak bisa bicara itu, yang pasti, kita semua ingin menciptakan suasana yang kondusif untuk kongres ini,''ungkap dia.
 
Dari pantauan riausky.com, kegiatan kongres hingga subuh ini masih berlangsung. Aparat kepolisian pun masih berjaga di depan pintu masuk gerbang arena kongres. Tidak ada pihak mana pun yang diperkenankan masuk kecuali peseeta yang dibuktikan dengan kartu identitas peserta yang sudah diregistrasi ulang oleh panitia.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index