WADUH...PT Mega Green Technology di Dumai Pekerjakan 2 TKA Asal China Secara Ilegal

WADUH...PT Mega Green Technology di Dumai Pekerjakan 2 TKA Asal China Secara Ilegal

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Kantor Imigrasi Kota Dumai mengamankan dua Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal yang bekerja di Kota Dumai tanpa dilengkapi surat izin kerja dan surat izin tinggal serta domisili selama di Indonesia.

Kedua TKA berkewarganegaraan China ini diamankan di areal PT.Mega Green Technology Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kamis (24/05/2018) lalu.

Kedua TKA tersebut saat ini sedang menjalani pemeriksaan intensif di ruang wasdakim Imigrasi Dumai hingga Jumat (25/5) petang. Ada dugaan keduanya melakukan penyalahgunaan izin tinggal. 

Seperti dilansir Xnewss.com, Imigrasi Dumai menyebutkan seorang TKA kedapatan sedang bekerja di areal perusahaan di kawasan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai. Satu orang bekerja sebagai mandor atau pengawas pemasangan mesin di areal perusahaan.

Satu orang lagi pada hari penindakan sedang tidak berada di lokasi perusahaan. Petugas pun mengamankan satu Warga Negara Asing (WNA) yang bertugas sebagai atasan mandor itu. Ia sedang berada di sebuah rumah sewa.

Petugas menyita dua paspor milik warga Negara RRC bernama Han Ruiheng dan Han Junping. Keduanya tampak duduk di depan petugas imigrasi. PT.Mega Green Technology memang tercatat memiliki dua TKA di areal perusahaan.

Dua TKA ilegal ini tak tercatat secara resmi bekerja di sana. "Kami mengamankan kedua WNA karena bekerja tanpa izin resmi di wilayah perusahaan. Mereka juga menyalahi izin tinggal yang diberikan," terang Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi atau Wasdakim Kantor Imigrasi Dumai, Rangga Putra Yudha , Sabtu (26/05/2018).

Keduanya sudah berada di Kota Dumai selama satu bulan. Mereka berada di Kota Dumai sejak 25 April 2018 silam. Sesuai cacatan perjalannya para TKA ini sempat berada di kota Batam, Kepulauan Riau pada 24 April 2018. Ada dugaan ia masuk ke Batam dari Singapura. (R13)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index