Bungkam Belgia, Gol Samuel Umtiti Bawa Prancis ke Partai Final Piala Dunia 2018

Bungkam Belgia, Gol Samuel Umtiti Bawa Prancis ke Partai Final Piala Dunia 2018
Gol Umtiti Antar Les Bleus ke Partai Final

RIAUSKY.COM - Prancis berhasil melaju ke partai puncak Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0 dalam laga semifinal yang digelar di Saint-Petersburg Stadium, Rabu (11/7) dini hari WIB.

Kemenangan Les Bleus diraih berkat gol tunggal yang dicetak bek Samuel Umtiti di awal babak kedua. Di final, Paul Pogba cs bakal berhadapan dengan salah satu dari Kroasia atau Inggris.

Setelah Prancis lebih menguasai jalannya pertandingan di menit-menit awal, Belgia berbalik mendominasi penguasaan bola dalam 20 menit pertama laga.

Belgia memperoleh peluang emas untuk memimpin di menit ke-21. Sayang tembakan voli yang dilepas Toby Alderweireld dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Hugo Lloris.

Memasuki menit ke-34, giliran Prancis yang mendapat kesempatan untuk membuka skor. Sayang Olivier Giroud tak mampu menyambut dengan sempurna datangnya umpan manis dari Kylian Mbappe. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum. 

Kembali dari kamar ganti, laga masih berlangsung cukup ketat sebelum akhirnya Umtiti sukses membuat Prancis memecah kebuntuan lewat golnya di menit ke-51.

Berawal dari skema sepak pojok, Umtiti sukses memenangi duel udara dengan Marouane Fellaini untuk menyundul bola kiriman Antoine Griezmann dan membobol gawang Thibaut Courtois.

Tiga menit berselang, Prancis hampir saja menambah keunggulan. Sayang aksi backheel cerdik Mbappe gagal dimanfaatkan Giroud menjadi gol.

Tertinggal satu gol, pelatih Belgia, Roberto Martinez berupaya meningkatkan intensitas serangan timnya dengan memasukkan Dries Mertens dan Yannick Carrasco.

Axel Witsel memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan di menit ke-81. Sayang tembakannya masih bisa diblok Lloris.

Memasuki masa injury, Prancis mendapat beberapa kesempatan untuk menyudahi pertandingan. Sayang peluang Griezmann dan Corentin Tolisso belum mampu berbuah gol. Skor 1-0 untuk kemenangan Prancis menjadi laga ini.

Berkat kemenangan ini, Prancis berhak melaju ke partai final untuk menantang pemenang laga antara Kroasia versus Inggris. Partai puncak akan digelar di Luzhniki Stadium, Moskow pada Minggu (15/7) mendatang. (R02/Bola.net)

Susunan Pemain

Prancis: Lloris, Pavard, Varane, Umtiti, Hernandez, Kante, Pogba, Matuidi (Tolisso 86'), Mbappe, Griezmann, Giroud (Nzonzi 85').

Belgia: Courtois, Alderweireld, Kompany, Vertonghen, Dembele (Mertens 60'), Fellaini (Carrasco 80'), Witsel, Chadli (Batshuayi 90'), De Bruyne, E. Hazard, Lukaku.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index