Demo di Depan Mapolda Riau, Ini Pernyataan Sikap TIMUR Terkait Terorisme di Kampus Universitas Riau

Demo di Depan Mapolda Riau, Ini Pernyataan Sikap TIMUR Terkait Terorisme di Kampus Universitas Riau

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kampus merupakan wadah intelektual yang menjadi kawah candradimuka lahirnya para pemikir, aktifis intelektual .Dan hal ini seharusnya tetap terjaga baik oleh segenap civitas Akademika.

Demikian diungkapkan Koordinator Turbin Intelektual Mahasiswa Universitas Riau (TIMUR) Wiriyanto Aswir dalam rilisnya ke redaksi Riausky.com.

Sebelumnya mahasiswa yang tergabung dalam Turbin Intelektual Mahasiswa Universitas Riau, menggelar unjuk rasa di depan Markas Polda Riau di Pekanbaru, Jumat (13/7/2018). Mereka membawa sejumlah spanduk bertuliskan keprihatinan dan harapan, diantaranya bertuliskan "Usut tuntas kasus terorisme di kampus UNRI".

Mahasiswa yang berasal dari beragam fakultas di Universitas Riau (UNRI) ini mengawali aksi dengan berjalan kaki (longmarch) dari Pustaka Wilayah Soeman HS menuju Mapolda Riau. 

"UNRI merupakan jantung hati Riau, kita ingin jantung hati kita tetap sehat. Untuk itu penyelidikan atas digerebeknya tersangka teroris tempo lalu harus terus dikembangkan," kata koordinator aksi, Wiriyanto Aswir.

Ditambahkannya, dalam perjalanannya, Universitas Riau, sebagai kampus biru langit , yang menjadi salah satu icon kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Provinsi Riau, sudah selayaknya menjadi kampus teladan sebagai wadah pengembangan khazanah intelektual.

Akan tetapi dalam beberapa waktu terakhir, terdapatnya langkah-langkah kemunduran yang bukan hanya akan mengancam integritas kemajuan intelektual, bahkan juga kampus biru langit mendapat preseden buruk dengan adanya beberapa kasus besar.

Kecaman pun hadir ketika terjadinya insiden penangkapan oknum terduga terorisme di Fisip Unri, yang sebelumnya fakultas ini juga dihebohkan dengan aksi besar-besaran terkait dugaan korupsi yang cukup memprihatinkan.

Tidak lama berselang kembali tersiar kabar  tersebarnya selebaran yang memuat kontrak kerjasama oknum terlibat kasus terorism dengan pimpinan universitas.

Menanggapi hal ini kami dari Turbin Intelektual Mahasiswa Universitas Riau (TIMUR)  meminta:

1.Mendesak Kepolisian RI untuk mengusut tuntas penangkapan teroris dan jaringannya di lingkungan Universitas Riau,maupun di perguruan tinggi lainnya.

2.Meminta Pertanggungjawaban Pimpinan Unri dan Dekan Fisip Unri atas kelalaian pengawasan sehingga adanya Radikalisme dan Terorisme di lingkungan Unri. (Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index